oleh

Sejarah Perniagaan Rempah di Kota Tangerang, Kemenkomar Gelar Spice Route Culture Indonesia 2019

Kabar6-Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman RI menggelar event Kebudayaan Maritim dalam rangkaian Spice Route Culture Indonesia 2019 di Halaman Transmart, Cikokol, Kota Tangerang, Selasa (29/10/2019).

Event Kebudayaan Maritim yang mengusung Sejarah Perniagaan dan Potensi Rempah Indonesia di Kota Tangerang tersebut berlangsung selama 29-31 Oktober 2019.

Kabid Penguatan Karakter Bangsa Bahari Kementerian Koordinator Kemaritiman Ardiansyah mengatakan, event ini digelar dalam rangka mengingatkan sejarah peradaban kemaritiman Indonesia sebagai negara poros maritim dunia.

“Sejarah perniagaan rempah, karena sebenarnya pada zaman itu bangsa nusantara yang sekarang ini sangat-sangat berjasa dalam pengembangan peradaban maritim,” ujar Ardiansyah.

Ia mengatakan, rempah-rempah Indonesia sejak zaman dahulu begitu bersejarah, terlebih beberapa daerah menjadi jalur yang sering dilewati pada saat kejayaan seperti pelabuhan-pelabuhan dipenuhi rempah tersebut. Seperti Padang, Bulukumba Sulawesi Selatan hingga bergerak menuju Tangerang.

Kendati demikian, semangat pada masa lalu saat ini harus diangkat jangan hanya sekedar menjadi masa lalu. Namun harus diangkat kejayaan rempah tersebut.

“Rempah ini banyak yang mau klaim, Cina aja sudah berusaha mengklaimnya ke UNESCO, namun dalam sejarah faktanya bercerita Indonesia yang menguasai,” terangnya.

**Baca juga: Penetapan Sekda Kota Tangerang Masih Menunggu Dari KASN.

Dalam event tersebut juga melibatkan sebanyak 30 stand bazar, bahkan seminar rempah sebagai poros maritim, selain itu ada mitigasi bencana. (Oke).

Berita Terbaru