oleh

Sejak Lama Akses Jalan Cigemblong Lebak Rusak Parah

Kabar6-Infrastruktur jalan yang buruk masih dirasakan setiap hari oleh masyarakat di Kecamatan Cigemblong, Kabupaten Lebak. Hampir sepanjang 8 kilometer, akses jalan satu-satunya ke kecamatan tersebut kondisinya rusak parah.

Sekitar 4 kilometer, bahkan kondisi jalan masih berupa tanah dan bebatuan yang sangat sulit dilalui saat musim hujan.

“Enggak sedikit pengendara motor yang jatuh di jalan, karena emang kalau abis diguyur hujan jalan jadi yang masih tanah sudah dilewatin,” tutur Rudaya salah seorang warga Desa Citepuseun, Cigemblong, Jum’at (3/4/2020).

Menurutnya, ruas jalan yang juga terhubung dengan Kecamatan Cipanas tersebut pernah mendapat sentuhan pemerintah pada 2014 silam. Kini sudah rusak parah.

“Pernah pengerasan sampai batu doang enggak sampai diaspal. Kondisinya udah hampir seluruhnya rusak berat, semoga bisa segera dibangunlah kasihan masyarakat,” harapnya.

Kepala Desa Citepuseun Andi Suandi, menyebut, ruas jalan yang kewenangannya berada di Pemkab Lebak itu menjadi akses satu-satunya menuju Cigemblong.

“Dari Kecamatan Cihara ya satu-satunya. Ini jalan utama yang setiap hari dilalui warga Cigemblong dan Cihara. Jalan ini melewati 3 desa di Cigemblong yakni Desa Cikaret, Desa Citepuseun, dan Desa Pondok Panjang serta Desa Lebak Pendeuy Cihara,” beber Andi.

**Baca juga: Program Sembako Tak Dipansus, DPRD Lebak : Banyak yang Melanggar Pedum.

Selain itu, jalan tersebut menjadi sangat vital untuk masyarakat karena sebagai akses untuk menuju pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), sekolah, kantor kecamatan dan pasar. Meski selalu jadi prioritas dalam musrenbang kecamatan, jalan tersebut tak kunjung dibangu .

“Bukam jalur alternatif ini jalur utama. Setiap tahun di Musrenbang kecamatan selalu diproritaskan,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru