oleh

Sehatkah Terlalu Banyak Berolahraga?

Kabar6-Seberapa seringkah Anda berolahraga? Terkadang demi mengejar target “sehat”, seseorang memacu dirinya berolahraga setiap hari, bahkan sehari dua kali mengunjungi tempat-tempat kebugaran.

 

Namun tahukah Anda, jika olahraga yang dilakukan secara berlebihan, dapat berdampak negatif terhadap diri kita dan lingkungan sekitar seperti keluarga?

 

Gaya hidup sehat dengan berolahraga secara rutin justru bisa berubah menjadi sesuatu yang berdampak negatif. Artinya, sesuatu yang disalahgunakan atau dikonsumsi berlebihan, apapun itu ternyata memicu bagian otak yang sama pada semua penyakit kecanduan.

 

Sebuah penelitian mengungkapkam bahwa sekitar lima persen hingga 10 persen atlet yang berlatih terlampau keras, pada akhirnya akan menunjukkan gejala mudah terganggu, tegang, mudah marah, dan kehilangan motivasi berlatih.

 

Selain itu muncul pula beberapa masalah antara lain sulit tidur, depresi, kram otot, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Kondisi seperti ini akan mempengaruhi kinerja atlet.

 

Keseimbangan porsi berolahraga memiliki peran penting dalam performa seorang atlet, sehingga mampu menghasilkan prestasi yang maksimal. ** Baca juga: Kurangi Minuman Soda Agar Awet Muda

 

Jadi, terlalu banyak berolahraga pun tidak baik untuk keseimbangan fisik dan psikis Anda. Berolahragalah dengan porsi yang sewajarnya, dan sesuai kemampuan tubuh Anda. (ilj)

Berita Terbaru