oleh

Sehat Meski Jarang Olahraga, Apa Syaratnya?

Kabar6-Tidak sedikit orang yang ingin berolahraga untuk menjaga kesehatan sekaligus kebugaran, namun memiliki jadwal pekerjaan yang padat. Ahli mengatakan, Anda tidak perlu berolahraga setiap hari, karena intensitas yang dimasukkan dalam rutinitas olahraga lebih penting daripada berapa kali Anda melakukannya dalam seminggu.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan Journal of Strength and Conditioning Research, melansir Womantalk, menemukan bahwa mereka yang berolahraga tiga kali seminggu melihat hasil pembangunan kekuatan yang sama dengan yang berolahraga enam kali seminggu. Dalam penelitian tersebut, para peserta melakukan bench press, squat, dan deadlift, dengan fokus pada satu repetisi maksimal.

Meskipun hanya pria yang berpartisipasi dalam penelitian ini, para peneliti mengatakan bahwa hasil temuan tersebut juga berlaku untuk wanita. Hal terpenting yang bisa diambil dari hasil penelitian tersebut menurut penulis penelitian sekaligus seorang profesor ilmu olahraga, Bill Campbell, Ph.D., CSCS, adalah jumlah total set latihan kekuatan yang Anda selesaikan.

“Selama jumlah total program latihan pengangkatan Anda bagus, tidak masalah jika Anda melakukan latihan lebih sedikit,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan pelatih Nike Joe Holder. Menurutnya, jika Anda merasa kekurangan waktu berolahraga, tetapi ingin menjadi lebih kuat dan sehat, Anda bisa melakukan latihan kekuatan 1-2 kali seminggu dan melakukan gerakan kompleks dengan beban yang layak. Nantinya hasil yang akan Anda dapat sama dengan mereka yang berolahraga setiap hari, tetapi dengan latihan kekuatan yang tidak maksimal.

Selain itu, alasan olahraga tiga kali seminggu memiliki manfaat lebih adalah agar Anda dapat menyesuaikan diri untuk istirahat berkualitas dan menjalani hari pemulihan.

Jika Anda melakukan latihan HIIT (High Intensity Interval Training) beberapa hari berturut-turut, misalnya, itu dapat menyebabkan beberapa masalah atau cedera yang berlebihan.

“Tubuh Anda berada dalam keadaan stres pascalatihan yang memicu semacam reaksi alarm. Untuk latihan yang berat, Anda mungkin perlu lebih banyak waktu untuk kembali normal, oleh karena itu Anda memerlukan hari untuk istirahat,” urai Nike. ** Baca juga: Hati-hati, Takut Coba Makanan Baru Bisa Bikin Kualitas Gizi Anda Buruk

Jadi, jika Anda sudah merasa melakukan olahraga dan latihan kekuatan dengan maksimal, tidak perlu melakukannya setiap hari lagi.(ilj/bbs)