oleh

Sehat dan Umur Panjang dengan Olahraga 11 Menit per Hari di Rumah

Kabar6-Work from home selama pandemi COVID-19 ini nyaris membuat pergerakan setiap orang menjadi terbatas. Padahal, bekerja di depan komputer atau laptop sepanjang hari tidak disarankan untuk kesehatan.

Karena itu, mulailah bergerak setidaknya 11 menit dalam sehari karena dapat membantu menambah usia hidup. Hasil penelitian, melansir CNN, menunjukkan bahwa olahraga sedang selama 11 menit saja, setara dengan jalan cepat, masih memberikan dampak positif yang nyata. Berikut rekomendasi olahraga 11 menit yang berdampak besar pada kesehatan:

1. Lakukan 4 set rangkaian latihan selama tiga menit
Saat memilih latihan, cobalah untuk memilih urutan gerakan yang akan disamakan dengan latihan seluruh tubuh dengan tenaga sedang. Misalnya, hindari hanya melakukan gerakan tubuh bagian atas kecuali Anda berencana melakukan gerakan tubuh bagian bawah keesokan harinya.

Misalnya, gabungkan push-up dengan jogging di tempat. Untuk bentuk push-up yang tepat, pastikan tubuh bagian atas dan bawah kamu lurus untuk membentuk posisi papan. Push-up membangun kekuatan tubuh bagian atas.

Contoh urutan latihan tiga menit misalnya 10 sampai 25 push-up, 25 hingga 40 squat berat badan, dan satu menit joging di tempat. ** Baca juga: Sembelit Bisa Dipicu 5 Hal Ini

2. Yoga
Yoga bisa menjadi cara yang bagus untuk menggerakkan tubuh, sekaligus menghilangkan stres dan membina hubungan pikiran serta tubuh. Bisa dilakukan selama 11 menit sambil berjemur dan melakukan kombinasi pose yoga favorit.

Jika belum familiar dengan yoga, banyak contohnya di Youtube bagi pemula yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Jangan lupa siapkan matras sebagai alas.

3. Menari
Menari atau berolahraga sambil mendengar lagu favorit dapat menaikkan mood Anda. Hanya perlu tiga atau empat lagu untuk mencapai durasi 11 menit. Pilih lagu upbeat agar olahraga menyenangkan.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru