oleh

Sebuah Sekolah di India Minta Muridnya Pakai Kardus di Kepala Saat Ujian

Kabar6-Kejujuran menjadi salah satu hal penting yang diajarkan di sekolah. Tidak hanya dalam pergaulan, jujur juga wajib diterapkan dalam kegiatan belajar, termasuk saat mengerjakan soal-soal ulangan atau ujian.

Karena itu juga, melansir indiatimes, Bhagat Pre-University College yang terletak di kawasan Haveri, Karnataka, India, meminta murid mereka untuk memakai kardus di kepala agar tidak melakukan tindakan curang yaitu menyontek.

Dalam sejumlah foto yang diambil, tampak para siswa sedang mengerjakan soal ujian kimia dengan kardus di kepala. Namun bukannya mendapat respon positif, sekolah tersebut justru menerima kritikan pedas dari masyarakat.

Hingga akhirnya, perwakilan sekolah yang bernama Satish meminta maaf atas insiden tersebut. Menurut Satish, sekolah hanya terinspirasi dengan sekolah-sekolah lain yang dikabarkan telah menerapkan cara tersebut, dan berhasil menekan angka kecurangan. Jadi, mereka juga ingin mencobanya. Satish menegaskan, siswa sebenarnya bisa memilih mau memakai kardus atau tidak.

“Tidak ada paksaan dalam bentuk apa pun. Kalian bisa lihat di foto itu, ada beberapa siswa yang tidak memakai kardus di kepala mereka,” kata Satish.

Dijelaskan, para siswa telah setuju untuk memakai kardus di kepalanya saat ujian. Namun Wakil Direktur Dewan Pendidikan Pra-Universitas setempat, Peerjade, menganggap perbuatan sekolah tersebut sangat tidak manusiawi. Dia akan segera melarang praktik tersebut dan memberikan hukuman kepada pihak sekolah.

“Ketika mendapat kabar tentang ini, aku segera pergi ke sana dan memerintahkan manajemen untuk menghentikan praktik penggunaan kardus saat ujian. Aku sedang memikirkan hukuman untuk manajemen sekolah karena menerapkan ide ini,” tegas Peerjade. ** Baca juga: Selama 18 Tahun Pasangan Kanibal dari Rusia Ini Sudah Santap 30 Manusia

Jujur memang harus dari hati alias tidak terpaksa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru