Sebelum Yoga, Ada Beberapa Hal yang Sebaiknya Dilakukan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Yoga berarti memusatkan pikiran agar bisa mengendalikan keseimbangan antara jiwa, pikiran, dan tubuh. Manfaat senam yoga lebih kepada melatih konsentrasi dan membuat pikiran menjadi lebih rileks, sehingga bukan hanya sehat fisik melainkan jiwa pun ikut sehat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda harus pandai memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuan dan kepribadian sendiri.

Nah, jika Anda akan mencoba yoga untuk pertama kalinya, dilansir Cosmopolitan, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan agar hasilnya maksimal. Olahraga yang berusia lebih dari 5.000 tahun ini memiliki beragam pilihan, di antaranya Hatha, Vinyasa, Ashtanga, Iyengar, Bikram, dan masih banyak lagi. Jika Anda pemula, pilih kelas Basic/Gentle Yoga terlebih dahulu sebagai pengenalan teknik dasar serta penyesuaian gerakan. Jika dirasa cukup, barulah pilih jenis yoga yang sesuai dengan Anda.

Ada juga disarankan agar datang lebih awal. Gunakan waktu untuk mengikuti instruksi awal dari fasilitator. Hal yang perlu diingat, istirahatkan perut dari makanan berat, minimal 30 menit sebelum olahraga dimulai.

Kunci yoga adalah kekuatan tubuh, pengaturan napas, serta kejernihan pikiran. Sebagai pemula, Anda pasti akan mengalami kesulitan mengikuti gerakan yang dilakukan oleh fasilitator saat mengikuti kelas. Jadi jangan lupa memberitahu instruktur kelas bahwa Anda adalah seorang pemula agar ia bisa memberikan Anda perhatian lebih.

Dalam beberapa bulan ke depan, Anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan dalam melakukan gerakan baru. Namun hal ini dapat diatasi dengan terus berlatih dan selalu fokus pada apa yang terjadi di atas matras Anda. ** Baca juga: Hah, Kebiasaan Mengumpat Sehat untuk Fisik & Mental

Ingat, hindari memikirkan pose mana yang dapat atau tidak dapat dilakukan, tetap berpikir positif, dan lakukan sebisa Anda.(ilj/bbs)