oleh

Sebelum Tidur, Hindari Mengingat Kejadian yang Buruk

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat beranjak ke peraduan alias tidur, Anda disarankan dalam kondisi rileks. Anjuran ini juga berlaku untuk orang yang mengalami gangguan stres pasca-trauma dan masalah kurang tidur.

“Hasil yang menarik untuk mengobati masalah klinis berupa kenangan yang tidak diinginkan. Misal, kenangan terhadap peristiwa traumatik menjadi contoh yang paling menonjol,” kata Christoph Nissen, di Universitas Freiburg Medical Center, Jerman, seperti dilansir New Scientist.

Dalam penelitian, dikutip dari Daily Women, sebanyak 73 siswa laki-laki diperlihatkan gambar yang akan mengganggu kenyamanan tidur, berupa tubuh yang terpotong, mayat atau anak menangis. Hari berikutnya, mereka diminta untuk mengingat gambar mengerikan tersebut.

Selanjutnya, mereka diarahkan untuk menghapal 26 pasang gambar mengerikan. Setengah jam kemudian, mereka berpikir soal gambar mengerikan dan diminta untuk menggambarkan 52 gambar mengerikan. Hal ini dilakukan untuk melihat, apakah kenangan buruk melalui gambar mengerikan ditekan lebih baik saat sebelum atau setelah tidur.

Hasilnya, para peserta paling sulit melupakan gambar yang mengganggu pikiran setelah tidur. “Kami menyarankan menghapus kenangan buruk dari pikiran secepatnya agar mereka tidak berpikir hal itu terlalu banyak, terutama tidak membawa kenangan buruk saat tidur,” kata Yunzhe Liu, yang bekerja di University College London.

Ditunjukkan, otak siswa laki-laki menunjukkan berbagai daerah otak terlibat menghilangkan gambar buruk dari pikiran mereka sebelum dan sesudah tidur.
Sebagai contoh, ketika mereka mencoba untuk melupakan gambar yang telah dipelajari hanya 30 menit sebelumnya. Memori setelah tidur malam ternyata lebih kuat untuk mengingat kenangan buruk. ** Baca juga: Hahaha…Yuk Tertawa Biar Sehat

Hal ini menunjukkan, kenangan buruk berada di beberapa daerah otak selama tidur yang membuat mereka sulit untuk menghapusnya. Namun, kurang tidur dapat digunakan mencegah kenangan buruk diingat. Sebaiknya selama tidur, usahakan agar Anda memiliki pikiran bersih dan tidak mengenang hal-hal buruk. (ilj/bbs)

Berita Terbaru