Sebelum Konsumsi Makanan yang Dibakar, Sebaiknya Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Makanan yang dibakar biasanya memiliki ciri khas pada rasa, warna, hingga tekstur yang membuatnya lebih lezat. Namun, beberapa penelitian menunjukkan, terlalu sering mengonsumsi makanan yang dibakar bisa memicu penyakit kanker.

Suhu panas pada saat proses pembakaran, dilansir Newsmaxhealth, akan mengubah protein menjadi Amina Heterosiklik (HCA). Zat tersebut berkaitan dengan beberapa penyakit mematikan seperti kanker payudara, kanker lambung, kanker prostat, dan kanker usus besar.

Namun penelitan lainnya menunjukkan, masih ada cara lain untuk mengurangi dampak buruk dari makanan yang dibakar agar bisa dikonsumsi secara aman. Bagaimana cara yang dimaksud?

1. Pilih daging yang tepat
Daging yang terlalu banyak terkena asap dari pembakaran sangat bahaya jika dikonsumsi berlebihan. Karena itulah, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi jenis makanan ini terlalu sering.

Selain itu, pilih daging yang tidak banyak memiliki lemak, karena tetesan lemak yang jatuh pada pembakaran akan menimbulkan asap yang banyak dan membuat kualitas daging tersebut tidak baik.

2. Jangan terlalu lama membakar daging
Daging atau makanan lainnya yang dibakar kering tentunya membutuhkan waktu pembakaran yang lebih lama, dan menghasilkan makanan yang kurang sehat. Jadi sebaiknya Anda hanya membakar makanan tersebut dengan rentang waktu yang tidak terlalu lama. Agar waktu pembakaran lebih singkat, Anda sebaiknya memasak lebih dulu daging atau ikan tersebut setengah matang sehingga tidak perlu dibakar terlalu lama.

3. Posisikan makanan dengan benar
Selain waktu pembakaran, posisi makanan di atas bara api juga perlu diperhitungakan agar efek buruk dari proses pembakarannya tidak terlalu parah. Sebaiknya Anda perhitungkan jarak antara daging yang dibakar dengan bara pada pembakaran, yaitu setidaknya 15 cm dari bara api. Anda juga perlu sering membolak-balik makanan tersebut.

4. Gunakan aluminium foil
Cara praktis yang bisa membantu Anda meminimalisir efek buruk dari pembakarannya adalah dengan menggunakan lapisan aluminium foil. Daging, ikan, ayam dan berbagai sayuran sebaiknya dibungkus menggunakan aluminium foil sebelum dibakar di atas bara api. Hal tersebut membuat makanan Anda tidak tersentuh langsung dengan asap yang dihasilkan selama proses pembakaran.

5. Hindari gunakan bumbu secara berlebihan
Bumbu tebal yang dibalurkan pada daging, sosis, atau makanan lainnya akan membuat asap dan polusi lain menempel pada permukaan makanan tersebut. Jadi sebaiknya gunakan bumbu ringan seperti baluran air lemon, cuka, madu, atau bumbu rempah secukupnya. ** Baca juga: Begini Cara Mudah Jaga Kesehatan Lidah

Lebih hati-hati lagi saat mengolah daging atau makanan lain dengan cara dibakar.(ilj/bbs)