oleh

Sebanyak 99 Pasangan di Malaysia Nikah Massal di ‘Tanggal Cantik’ 9-9-9

Kabar6-Beberapa pasangan memang bermimpi bisa menikah pada tanggal dan tahun ‘cantik’. Dan beberapa waktu lalu, tepatnya pada 9-9-2019 (9-9-9), sebanyak 99 pasangan etnis Tionghoa di Malaysia mengucap janji sehidup semati dalam sebuah upacara pernikahan massal.

Upacara tersebut digelar di kuil Thean Hou, di Kuala Lumpur. Mengapa mereka memilih tanggal cantik? Rupanya, melansir SCMP, tanggal ini dianggap sebagai tanggal keberuntungan oleh etnis Tionghoa, sebab angka sembilan dalam bahasa Tionghoa penyebutannya terdengar seperti kata ‘tahan lama’.

“Bagi saya 99 adalah nomor khusus,” kata Lee Sing Lee, seorang pegawai akuntan yang menikahi pasangannya Charlyn Low. “Aku ingin cinta kita bertahan selamanya dan memulai sebuah keluarga segera.”

Sebagian besar pasangan terlihat mengenakan jas berwarna hitam untuk pengantin pria, sementara pengantin wanita memilih mengenakan gaun berwarna putih atau merah. Diketahui, merah merupakan warna tradisional dari budaya Tionghoa. Merah juga dipercaya sebagai warna yang melambangkan keberuntungan, kegembiraan dan kebahagiaan dalam budaya Tionghoa.

Para psangan pengantin diberkati oleh seorang biksu yang juga mengenakan jubah berwarna merah sebelum mengambil sumpah mereka. Upacara berakhir dengan sesi foto bersama seluruh peserta pernikahan massal. ** Baca juga: Seorang Pria Ketahuan Bawa 2 Mobil yang Salah Satunya Terikat di Bagian Atap

Di Malaysia, sekira 23 persen dari populasi keseluruhan adalah etnis Tionghoa. Sekira seperlima populasi etnis Tionghoa adalah pemeluk agama Buddha.(ilj/bbs)

Berita Terbaru