Sebaiknya Jangan Panaskan Kembali Sayur Bayam yang Akan Dikonsumsi

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Bayam merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang dikenal memiliki kandungan gizi sangat tinggi. Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam sayur bayam dipercaya mampu menghindarkan seseorang dari anemia atau penyakit kurang darah.

Nah jika Anda memasak sayur bayam dalam porsi besar, dan ingin memakannya lagi, tidak dianjurkan untuk memanaskan kembali sayuran tadi. Mengapa? Dilansir Eatandhealth, pemanasan berulang-ulang dapat mengoksidasi kandungan zat besi yang terdapat dalam bayam, sehingga akan mengubah zat besi menjadi racun bagi tubuh. Karena zat besi dalam bayam cukup tinggi, maka saat mengonsumsi sayur bayam yang telah dipanaskan, tubuh Anda pun akan mengalami keracunan.

Beberapa gejala keracunan yang dapat Anda alami adalah pusing, mual, muntah, nafsu makan hilang, badan terasa lemas, lesu, mata berkunang-kunang.

Selain itu, bayam juga merupakan salah satu jenis sayuran yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama di dalam lemari pendingin. Hal ini karena semakin lama bayam disimpan di dalam lemari pendingin, maka kadar nitrit di dalamnya pun akan semakin tinggi.

Bila zat nitrit yang tinggi tersebut bereaksi dengan zat besi di dalam sel darah merah, maka akan membuat hemoglobin (Hb) lebih sulit berikatan dengan oksigen. Akibatnya, seluruh sel tubuh akan kekurangan oksigen sehingga Anda pun merasa lemas dan lesu. ** Baca juga: Sukses Turunkan Berat Badan, Tapi Mengapa Jadi Mudah Lapar?

Oleh karena itu, pastikan Anda segera menghabiskan bayam dalam waktu lima jam setelah dimasak.(ilj/bbs)