oleh

Sebagai Daerah Pertanian, Masyarakat Pandeglang Diminta Pelihara Irigasi

Kabar6-Kabupaten Pandeglang sebagai daerah pertanian dan lumbung padi yang memberikan kontribusi cukup besar di Provinsi Banten. Untuk menjaga kondisi itu Pemerintah daerah terus menyiapkan sarana dan prasarana seperti irigasi dsn sarana lainnya.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pandeglang Muhadi mengatakan, pihaknya mengelola sebanyak 618 daerah irigasi yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pandeglang dengan kondisi irigasi yang bervariasi.

“Kondisinya ada yang baik, ada rusak sedang dan ada juga saluran alam juga,” katanya, Jumat (13/12/2019).

Namun pihaknya akan mengecek kembali angka pasti terkait kondisi irigasi yang di Pandeglang. Salah satunya dengan program Angka kebutuhan nyata operasi dan pemeliharaan (Aknop) untuk dapat mengetahui kebutuhan daerah irigasi di wilayah tertentu.

“Mudah-mudahan tahun depan dapat dilakukan sehingga apa yang dibutuhkan suatu daerah irigasi itu terpenuhi,” terangnya.**Baca juga: Kericuhan Warnai Pelaksanaan Pilkades di Pandeglang, Dipicu Oleh….

Terkait pemeliharan irigasi, Pihakanya telah menggelar pelatihan terhadap Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air/Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A /P3A). Pelatihan itu dilakukan agar masyarakat memahami dan ikut memelihara irigasi yang dibangun pemerintah.

“Kita berharap ada partisipasi dari masyarakat agar sama sama memelihara jaringan irigasi dengan baik. Karena anggaran yang disediakan ABPD masih sangat kurang banyaknya daerah irigasi dan jangkauan yang luas,” tandasnya.(Aep)

Berita Terbaru