oleh

SD Gondrong Dua Kota Tangerang Targetkan Lulus Adiwiyata Mandiri

Kabar6-SD Gondrong Dua, Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang tengah mempersiapkan menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri tingkat Nasional. Mereka pun optimis dapat menghantarkan sekolah tersebut lulus meraih Adiwiyata.

Saat awal memasuki sekolah itu, kita di jamukan dengan keindahan dan penghijauan yang begitu dahsyat. Tentunya kesejukan dan keramahan tidak terlupakan juga.

Kepala Sekolah SD Gondrong Dua, Masria mengatakan, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pihaknya. Untuk lulus menjadi sekolah Adiwiyata mandiri terdapat 16 folder yang harus diisi dan disiapkan. Namun dari 16 folder tersebut sudah terisi, tapi belum mencapai 100 persen.

“Kegiatannya tentunya disesuaikan karena pandemi Covid-19, semuanya aktivitas di rumah, ini lebih sulit. Karena harus ada kegiatan di rumah. Misalnya kemarin hari Aids, kampanye hemat air tidak boleh di sekolah, siswa melakukan di sekitar rumahnya,” ujar Masria saat memberikan keterangan belum lama ini.

Sekolah yang memiliki siswa sebanyak 474 dari 14 rombel (rombongan belajar) telah meraih penghargaan Adiwiyata tingkat kota 2016, tingkat provinsi 2016 dan tingkat Nasional 2017. Kali ini, mereka menargetkan lulus tingkat mandiri.

Meski demikian, untuk mendapatkan Adiwiyata, kata Masria, sekolah tersebut mempunyai syarat yaitu penghijauan. Mereka pun mempunyai program siswa harus membawa makanan dari rumah, tidak boleh membawa plastik makanan ke sekolah.

Mereka telah memiliki tanaman berbagai macam jenis sekitar 700 tanaman. “Sekitar 700 tanaman yang kita data termasuk pot,” katanya.

**Baca juga: 300 Petugas Frontliner Bandara Soetta Jalani Vaksin

Meraka juga telah memiliki green house sebagai tempat pembibitan, tanaman obat siswa (Tos), lubang biopori dan sumur resapan. Kendati begitu, untuk lulus Adiwiyata mandiri mereka turut membina sejumlah lainnya.

Saat ini SD Gondrong Dua tersebut membina sebanyak 3 sekolah, namun sebelum mereka membina sebanyak 13 sekolah. “Karena kondisi seperti ini kita pangkas menjadi tiga,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru