oleh

Schiermonnikoog, Pulau yang Bentuknya Berbeda Tiap Hari

Schiermonnikoog dilihat dari atas.(Amusing Planet)
Schiermonnikoog dilihat dari atas.(Amusing Planet)

Kabar6-Hal unik terjadi di Schiermonnikoog. Pulau kecil yang berada di lepas pantai Belanda tersebut terus bergerak ke Selatan dan Timur karena efek kombinasi angin laut saat ini. Karena itulah pulau ini seperti bisa berpindah tempat.

Diketahui, 762 tahun yang lalu, Pulau Schiermonnikoog berada dua kilometer ke Utara dari posisinya saat ini. Dilansir Amusing Planet, pulau ini sebenarnya tidak benar-benar bergerak, laut mengikis pulau di satu sisi yang menyebabkan pulau memiliki bentuk yang sedikit berbeda setiap harinya.

Schiermonnikoog bisa bergerak.(Amusing Planet)
Schiermonnikoog bisa bergerak.(Amusing Planet)

Kata Schiermonnikoog berasal dari para biarawan yang dulu tinggal di pulau. ‘Monnik’ berarti biarawan dan ‘Schier’ adalah sebuah kata kuno yang berarti abu-abu, mengacu pada warna yang biasa digunakan para biarawan, sedangkan ‘Oog’ diterjemahkan sebagai pulau. Jadi Schiermonnikoog dapat berarti ‘pulau para biarawan abu-abu’.

Pulau yang berukuran 16 km dengan lebar empat kilometer ini merupakan situs taman nasional pertama di Belanda. Satu-satunya desa yang ada di pulau ini adalah Schiermonnikoog, dengan penduduk sekira 1.000 orang.

Sumber pendapatan utama pulau ini adalah dari sektor pariwisata, dengan fasilitas antara lain berupa perkemahan, dermaga untuk kapal ferry, pelabuhan untuk kapal-kapal kecil, 15 hotel, ratusan villa, dan apartemen. ** Baca juga: Ini Lho, Bentuk Tubuh Ideal Wanita di 8 Negara

Sebanyak 300 ribu wisatawan mengunjungi kota ini setiap tahunnya. Hal unik lainnya, di pulau ini hanya terdapat 200 buah mobil. Wow nyamannya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru