oleh

Satu Rumah di Cikamunding Lebak Rusak Diterjang Longsor, Puluhan Lainnya Terancam

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak melaporkan satu unit rumah di Kampung Cileungsir Timur Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng rusak akibat diterjang tanah longsor.

Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan, longsor terjadi pada Selasa (28/12/2021) malam. Longsor akibat hujan dengan intensitas lebat mengguyur wilayah tersebut.

“Satu rumah warga rusak, sebagian dinding rumah roboh akibat tertimpa longsoran tanah,” kata Febby dalam keterangan tertulis, Rabu (29/12/2021).

Febby meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat terjadi cuaca ekstrem, terutama yang tinggal di wilayah perbukitan rawan longsor.

“Bukan hanya pada siang hari, karena bencana juga bisa terjadi malam saat kita sedang lelah dan beristirahat. Jadi tetap waspada ketika hujan lebat,” pinta Febby.

Kepala Desa Cikamunding Yayan Hendayana mengatakan, rumah yang diterjang longsor adalah milik Amsinah. Material tanah longsor menjebol dinding kamar.

“Hanya bagian kamar yang jebol akibat tanah longsor,” ucap Hendayana.

Selain rumah Amsinah, Hendayana menyebut, ada puluhan rumah warga di wilayah tersebut terancam karena berada di dinding tanah yang tergerus setiap kali hujan lebat.

“Ada sekitar 20 sampai 30 rumah di sana. Kalau malam hari terjadi hujan lebat warga tidak tidur karena khawatir,” tutur Hendayana.

**Baca juga: Jumlah Pemilih di Lebak Bertambah Hampir Lima Ribu

Ia berharap pemerintah mendorong agar ada tim Geologi yang mengkaji tanah di wilayah tersebut apakah masih aman ditempati atau perlu dilakukan relokasi.

“Kalau kami kan terbatas, jadi harapannya memang oleh tim khusus dikaji tanah tersebut karena memang sering terjadi longsor. Dan saya sedang mengupayakan juga tanam vetiver untuk menahan longsor,” ungkap Yana.(Nda)