oleh

Satu Keluarga Isolasi Mandiri di Rumahnya, Kadinkes Serang: Tak Ada Bantuan Hidup Dasar

Kabar6- Satu keluarga yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya tidak mendapatkan bantuan pemerintah, pengawasan dan pemeriksaan kesehatan tidak jelas adanya. Hingga hasil tes swab juga belum keluar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Banten Agus Sukmayadi mengatakan, kalau pengawasan dan pemeriksaan kesehatan dilakukan Puskesmas setempat.

Dimana, lanjut Agus, dalam struktur Satgas Covid-19, Puskesmas memiliki tugas dalam bidang penanganan kesehatan dengan peran dan fungsinya melakukan pencegahan penularan, pelayanan kesehatan, pemeriksaan rapid test dan swab, hingga melakukan tracing.

“Untuk pelaksanaan pengawasan dan pantauan kesehatan dilakukan oleh tim kesehatan puskesmas setempat. Kalau untuk bantuan makanan atau yang dimaksud bantuan hidup dasar, bukan tugas dan kewenangan dinkes ataupun puskesmas,” tutur Agus melalui pesan singkatnya elektronik, Selasa sore (29/9/2020).

Mengenai hasil Swab yang belum keluar, Agus menjelaskan, hal itu dipengaruhi antrean di laboratorium pemeriksa. Jika semakin banyak sample yang diperiksa, maka daftar tunggu untuk mengetahui hasilnya akan semakin lama pula.

**Baca juga: Dua Kandidat Pilkada Kabupaten Serang Umbar Slogan Sesuai Nomor Urut.

“Saya akan coba konfirmasi ke bidang pelacakan bagi kontak erat-kontak dekat, apakah hasil swab keluarga tersebut sudah keluar dari pihak laboratorium. Kendala memang dengan semakin banyaknya sample yang dikirim, pihak labkes perlu meningkatkan kapasitas pemeriksaannya,” jelasnya.(Dhi)

Berita Terbaru