oleh

Sate Bandeng Khas Kabupaten Tangerang, Nikmatnya Super…!

Kabar6–Sate bandeng, pasti sebagian besar dari Anda sudah hafal dengan penganan khas Banten ini. Nah, pertanyaannya, apakah Anda sudah menemukan sate bandeng yang gurih, nikmat, tanpa ada campuran lain didalamnya selain daging ikan bandeng dan bumbu rempah yang dihaluskan?.

Bila menginginkan sate bandeng bercitarasa premium tanpa campuran lain didalamnya, Anda bisa mampir ke kawasan Desa Buaran jati, RT 004/004, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Banten.

Disitulah tempat pembuatan sekalian pemasaran Sabajo (Sate Bandeng Kronjo) khas Kabupaten Tangerang, yang memiliki citarasa premium namun harga sangat terjangkau.

Sang pengelola Sabajo, Ummi Kulsum menjelaskan, Sabajo yang digawanginya sejak 5 tahun lalu ini memang bukan sekedar mencari untung. Namun, kualitas dan citarasa premium jadi modal utama Sabajo dalam menjalankan usahanya.

“Bisa juga sih kita gunakan bumbu seperlunya dan beli bandeng yang perkilonya murah, namun ikan itu tidak fresh dan kita juga tidak semangat dalam membuatnya. Karena, kita sudah komitmen dari awal untuk menjaga kualitas produk usaha ini,” katanya kepada kabar6.com, Senin (23/10/2017).

Dalam pengolahannya, Ummi mengambil ikan langsung dari pelelangan yang ikan-ikannya fresh semua. Kemudian di olah sedemikian rupa dengan bumbu rempah warisan keluarganya.

Untuk bumbu campurannya, Ummi menuturkan, uleg bawang merah, bawang putih, lada, cabai merah, jahe, dan bumbu rempah lain. Kemudian campurkan dengan daging dan uleg lagi sampai halus.

Setelah semuanya tercampur merata, lalu dimasukkan dalam gulungan daun pisang yang kemudian dibakar.

Icip-icip sabajo setelah dihangatkan, aroma bumbu dan rempah sontak keluar sesaat daging yang dibungkus daun pisang dibuka perlahan. Hmmm…!

Cubitan pada daging memperlihatkan tekstur daging bandeng yang lembut berkolaborasi sempurna dengan bumbu rempah yang dihaluskan. Ngileer!

Pada suapan pertama, daging putih bandeng bertekstur halus beraromakan daun pisang dan semilir aroma dibakar, menjadi solusi tepat penawar lapar disertai sesuap nasi putih panas. Mantaaap!

Bersatunya olahan bumbu rempah khas keluarga Ummi dalam seporsi Sabajo, menawarkan kenikmatan elegannya kuliner warisan khas Kabupaten Tangerang.

Disibukkan dengan kunyahan demi kunyahan, serta fikiran melayang tentang asal-usul sabajo sebagai makanan khas Kabupaten Tangerang yang tiada habisnya. Membuat sepiring nasi panas dan seporsi sabajo ‘hilang’ dalam sekejap.**Baca juga: Nasi Lidah Warung Dnon Nan Spicy, Pedasnya Super…!

Mengenai harga, di Sabajo ada tiga pilihan harga menurut ukuran ikan bandengnya, medium Rp25 ribu/ekornya, big Rp30 ribu/ekornya serta jumbo Rp50 ribu/ekornya.**Baca juga: Kerapu Rica Di Resto Iga Bakar Serai Wangi, Khas Manado.

Nah, Ulasan diatas dirasa sudah cukup mewakili sabajo khas Kabupaten Tangerang, yang bercitarasa premium n harga cukup terjangkau itu, berada di Desa Buaran jati RT 004/004, Sukadiri, Kronjo. (fit)