oleh

Sarapan Jamur Hindari Kalori yang Berlebihan

Kabar6-Menjadi kenyang saat sarapan bukan berarti Anda harus makan sebanyakbanyaknya, lho. Sebuah studi dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa Anda bisa mengganti daging dengan jamur dalam beberapa menu makanan.

Ya, mengonsumsi sarapan kaya jamur bisa mengurangi rasa lapar dan membuat lebih kenyang, sehingga seperti dikutip Antara, Anda pun dapat menghindari makan ekstra kalori di waktu berikutnya.

“Ada manfaat nutrisi yang baik bila mengganti jamur dengan daging atau sebaliknya dalam beberapa makanan,” kata Joanne Slavin penulis studi sekaligus Profesor di University of Minnesota di Amerika Serikat.

Peneliti ingin mencocokkan jumlah protein dalam jamur dan daging yang pada dasarnya mengendalikan pengaruh protein dengan kenyang. Hasilnya, mereka menemukan kedua jenis makanan ini mengandung jumlah kalori yang sebanding.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai perbedaan rasa kenyang dan konsumsi jamur (jamur kancing putih 226 gram) dan daging (28 gram) selama 10 hari. Para partisipan dalam studi mengonsumsi dua porsi jamur atau daging selama 10 hari. ** Baca juga: Tidak Sekadar Pelengkap Makanan, Acar pun Miliki Manfaat untuk Kesehatan

Dalam hasil diperlihatkan perbedaan yang signifikan pada penilaian kenyang antara konsumsi jamur dan daging. Partisipan melaporkan secara signifikan lebih sedikit merasa lapar, dan lebih kenyang setelah sarapan jamur dibandingkan sarapan dengan menu daging.(ilj/bbs)

Berita Terbaru