oleh

Sarapan dengan Telur Bisa Bantu Tubuh Langsing

Kabar6-Apakah saat ini Anda sedang menjalani program penurunan berat badan atau diet? Nah bila Anda ingin menjaga berat badan, mengonsumsi telur sebagai menu sarapan menjadi pilihan tepat.

Mengapa demikian? Melansir Kompas, menu sarapan tinggi protein seperti telur bisa mengurangi rasa lapar sekaligus mencegah makan berlebihan saat makan siang. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition Research, para ahli dari Amerika menemukan bahwa pria yang sarapan dengan menu berbasis telur cenderung makan lebih sedikit di waktu makan siang dibanding dengan mereka yang sarapan dengan menu tinggi karbohidrat.

Penelitian tersebut menguatkan studi sebelumnya yang menyatakan sarapan dengan telur membantu mengurangi asupan kalori di waktu siang dan membantu mengurangi berat badan hingga 65 persen. Mereka yang sarapan telur juga terbukti lebih berenergi dibanding ketika memilih menu berkarbohidrat.

Dalam penelitian ini, para peneliti dari University of Connecticut membandingkan dua kelompok responden dengan menu sarapan khas Amerika. “Mereka yang sarapan dengan menu protein tinggi tidak akan merasa kelaparan di siang hari,” kata Maria Luz Fernandez, PhD, ahli nutrisi sekaligus kepala penelitian ini.

Protein diperlukan tubuh karena bisa digunakan sebagai cadangan energi apabila cadangan lemak dan karbohidrat dalam tubuh telah habis. Beberapa jenis protein juga merangsang produksi enzim yang membantu mengatur kontraksi otot dan kegiatan sel lain. ** Baca juga: Menguntungkan, Pakai Kaos Kaki Saat Tidur

Meskipun demikian, menu sarapan yang baik hendaknya juga mengandung karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan tidak terlalu banyak mengandung lemak. Perhatikan bahwa kuning telur mengandung kolestrol tinggi, sebaiknya mengonsumsi telur hanya putihnya saja dengan 1-2 butir kuningnya per hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru