oleh

Sapi di Rusia Pakai Kacamata ‘Virtual Reality’ Agar Bahagia

Kabar6-Para peternak sapi di Rusia telah memanfaatkan perkembangan teknologi VR (Virtual Reality) untuk memastikan hewan mereka berada dalam kondisi yang prima. Apa yang mereka lakukan?

Sapi ternak, melansir brightside, dipasangkan kacamata VR agar hewan tersebut tetap bahagia. Ketika mengenakan kacamata VR, sapi akan melihat sebuah padang rumput yang hijau nan luas, sebuah ladang di musim panas yang indah. Dalam siaran pers, Kementerian Pertanian dan Pangan Rusia, mengatakan bahwa para ahli mendesain kacamata-kacamata itu khusus untuk sapi.

Kacamata VR tadi telah disesuaikan dengan struktur anatomi kepala sapi. Mereka juga memperhitungkan penglihatan mata sapi yang lebih mudah memproses warna merah, ketimbang biru atau hijau.

Para peternak percaya, alat baru ini dapat membantu sapi untuk rileks, dengan begitu produksi susu mereka akan meningkatkan. Program ini dikembangkan berdasarkan penelitian Wageningen University & Research. Menurut penelitian, kondisi lingkungan dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan hewan dan kualitas susu.

Diketahui, sapi yang stres menghasilkan lebih sedikit susu. Bila sapi stres, nafsu makannya akan turun, juga rentan terkena penyakit. Nah, di sinilah fungsi kacamata VR. Sapi dibuat bahagia, ketika mengenakan kacamata itu, seolah-olah mendapat apa yang mereka inginkan.

Para peneliti mengklaim, setelah mengenakan kacamata VR, kecemasan sapi menurun dan suasana hatinya tampak membaik. Pengamatan sementara proyek kacamata VR ini dianggap berhasil. Namun, tren kacamata VR sapi masih akan terus dipelajari. ** Baca juga: Sebuah Minimarket Terbakar Setelah Pemiliknya Berusaha Basmi Virus Corona

Ternyata, mood sapi pun harus dijaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru