Sanitasi di 829 Ponpes di Kabupaten Tangerang Bakal Dibenahi

Ilustrasi.(Ist)

Kabar6-Demi meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan membenahi sebanyak 829 Pondok Pesantren di bidang sanitasi dan penyediaan airnya.

Program Sanitasi Pesantren (Sanitren) yang sedang digagas oleh Pemkab Tangerang, akan menyasar seluruh ponpes di Kabupaten Tangerang, ponpes salafi maupun ponpes modern.

Kepala Bidang Perencanaan, Prasarana dan Kewilayahan Bappeda Kabupaten Tangerang Erwin Mawandy menerangkan, 829 ponpes tersebut yang sudah tenda tak oleh pihaknya pada akhir 2017 lalu.

“Data yang sudah kita kantongi dari akhir tahun 2017, sebanyak 829 ponpes di 29 Kecamatan se-Kabupaten Tangerang yang akan mendapatkan program sanitren pada periode 2019-2023 mendatang,” terangnya saat dijumpai awak media di ruang kerjanya, Selasa (15/5/2018).

Lahirnya program Sanitren ini berawal dari kesadaran pihaknya akan dunia pendidikan di ponpes. Pada akhirnya Pemkab Tangerang melalui Bappeda beserta Kemenag pun sepakat untuk menggulirkan program Sanitren ini.

“Program ini bangkit dari kesadaran kita semua (Pemkab Tangerang-red) akan kurangnya atau minimnya kesehatan pada sanitasi dan air bersih di setiap ponpes,” ujarnya.

Dari 829 ponpes yang sudah didata oleh pihaknya, tidak menutup kemungkinan masih ada ponpes yang masih belum masuk kedalam database.**Baca Juga: Polisi Dalami Ledakan di Rumah Produksi Sale Pisang Panongan.

“Walau yang sudah terdata oleh kami sebanyak 829 ponpes, namun kemungkinan ponpes di Kabupaten Tangerang bisa menebus hingga mencapai ribuan, dan itu nanti akan kami data ulang pada awal tahun 2019 mendatang,” pungkasnya.(mer)