oleh

Sampel Nasi Uduk yang Dikonsumsi Siswa SMP 3 Kalanganyar Mengandung E. Coli

Kabar6-Sampel nasi uduk yang menyebabkan 21 siswa SMP Negeri 3 Kalanganyar Kabupaten Lebak, mengalami pusing hingga muntah-muntah diperiksa oleh laboratorium kesehatan daerah (Labkesda).

Hasilnya, ditemukan bakteri Escherichia Coli atau E. Coli di beberapa komponen nasi uduk yang dikonsumsi para siswa.

“Jadi dari hasil pemeriksaan labkesda tidak ditemukan adanya zat kimia beracun, hanya ditemukan E. Coli pada nasi dan sambal,” kata Kepala Puskesmas Kalanganyar, dr. Yopi Yulianti kepada wartawan, Jumat (2/9/2022).

Menurut Yopi, orang yang mengkonsumsi makanan yang sudah terdapat bakteri E. Coli akan mengalami mual, pusing dan muntah-muntah. Bakteri ini diduga berasal dari lingkungan yang tidak sehat.

“Karena dilihat dari lokasi (Kantin) kan memang dekat dengan kebun, jadi kemungkinan saja di sana masih ada perilaku kurang baik seperti dolbon. Nah lalat-lalat yang membawa bakteri dari dolbon itu menempel ke makanan yang akhirnya menyebabkan para siswa terinfeksi bakteri,” papar Yopi.

**Baca juga: DPRD Lebak Bentuk Pansus Pendapatan Asli Daerah, PDIP: Banyak Potensi Bisa Digali

Diketahui sebelumnya, sebanyak 21 siswa SMP Negeri 3 Kalanganyar diduga keracunan usai menyantap nasi uduk yang dijual di lingkungan sekolah mereka, Rabu (31/8/2022).

Mereka harus dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan lantaran mengalami pusing, mual hingga muntah-muntah.(Nda)