oleh

Sampai 15 Januari, 20 Warga di Tangsel Diduga Kena DBD

Kabar6-Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mewaspadai penyebaran virus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sepanjang 2020 ini. Penyakit mematikan yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti populasinya bertambah saat musim hujan.

“Sampai hari ini sudah ada 20 orang warga diduga terkena DBD,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Tulus Muladiyono ditemui kabar6.com di depan kantornya, (Rabu, 15/1/2020).

Menurutnya, untuk mengetahui ke-20 warga tersebut positif terjangkit DBD harus diuji lewat pemeriksaan laboratorium. Biasanya akan ada peningkatan yang menjadi potensi seperti musim hujan.

Melihat kekhususan di Tangsel ini peluang cukup tinggi. Kondisi ini membuat Dinas Kesehatan setempat mengevaluasi sambil mengantisipasi penyebaran DBD.

“Artinya, perlu dilakukan mengantisipasi cuaca seperti ini PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) harus sudah dilakukan,” jelas Tulus.

Tahapan dari PHBS perlu menjadi perhatian masyarakat. Paling penting adalah cuci tangan, jaga serta cek kesehatan secara teratur dan istirahat yang cukup.

**Baca juga: Mahasiswa UIN Ciputat Desak Polisi Cari Pelaku Vandalisme.

Potensi itu akan terjadi dalam konteks musim hujan. Jenia penyakit yang menjadi perhatian Dinas Kesehatan Kota Tangsel seperti diare, infeksi saluran pernafasan, kelainan kulit, DBD, cikungunya.

“Paling menonjol di 2019 sebenarnya di akhir. Artinya itu menjadi musim pancaroba ispa dan diare,” ujar Tulus sepulang dari monitoring ke sejumlah puskesmas.(yud)