oleh

Sampah Menggunung di Jalan Cibogo Solear Picu Bau Busuk

Kabar6-Kecamatan Solear mengerahkan sebelas mobil truk milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang. Sejumlah petugas berjibaku mengangkut tumpukan sampah yang menggunung di Jalan Raya Cibogo tepatnya di kampung Ciparanje Desa Pasanggrahan Kecamatan Solear, Kamis (7/5/2020).

Camat Solear, Sony Karsan mengatakan, tumpukan sampah yang menggunung memicu bau kurang sedap. Kondisi ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan sehingga membuang sampah.

“Permasalahan yang mendasar ini tradisi membuang sampah bukan pada tempatnya, jadi pokok permasalahannya, ya masyarakatnya kurang sadar,” ungkap Sony Karsan.

Sony menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga, punya rasa memiliki lingkungan yang sehat.

“Mari kita jaga kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya, kalau bukan kita yang menjaga, lalu siapa lagi, saya sudah dapat ijin dari pemilik tanah, kita akan bangun bak sampah ukuran 4×5 meter disini imbun Camat Solear Sony dilokasi sampah.

Sementara itu Kades Pasanggrahan Madrais SE mengakui, masih banyak warga khususnya warga perumahan dan orang pasar yang membuang sampah dijalan ini, padahal dilokasi ini bukan TPS, akibatnya bau yang kurang sedap dirasakan oleh warga itu sendiri.

” Kembali ke Masyarakatnya, sadar apa enggak, kalau membuang sampah sembarangan, ini bukan TPS, tapi lokasi ini tanah milik orang, efek dari bau sampah liar ini kita bisa terjangkit berbagai virus,” kata Madrais

Sebagai Kades Pasanggrahan dirinya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

” Ayo kita tumbuhkembangkan rasa peduli kita terhadap lingkungan sekitar, jaga kebersihan, biasakan dengan pola hidup sehat, biasakan buang sampah pada tempatnya,” pungkas Madrais.

**Baca juga: Moda Transportasi Beroperasi Lagi, Ini Kata Pengamat.

Ditempat terpisah Awaludin warga kampung Cibogo menceritakan, tumpukan sampah dengan aroma kurang sedap dan menjadi sorotan masyarakat akhir-akhir ini merupakan hasil buangan masyarakat dari berbagai penjuru, juga warga perumahan bahkan dari pasar Cisoka

” Kalau mau liat itu jam 03.00 wib, itu orang dari mana-mana aja, dari pasar Cisoka, orang perumahan, bahkan dari kampung bantarpanjang buang kesitu, soalnya saya pernah negur lagi pada buang sampah,” singkatnya. (Vee)