oleh

Sambut HKN 2020, Konsumen Banten Dihimbau Cerdas Dalam Bertransaksi

Kabar6-Kasi Kosultasi pada Direktorat Jendral, Kementrian Perdagangan RI, Jerry Karnain mengatakan, dua hal penting yang harus selalu diperhatikan konsumen saat berbelanja.

Pertama, membeli berdasarkan dengan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan semata yang belum tentu peruntukannya.

Dengan begitu diharapkan konsumen di Indonesia, khususnya di Provinsi Banten sendiri bisa lebih cerdas dan terhindar dari pola hidup konsumtif.

Selanjutnya, konsumen diminta untuk bangga dengan mencintai produk-produk buatan dari dalam negeri, dan tidak tergantung dengan produk inport dari luar negeri yang belum tentu kualitasnya dan terkesan lebih mahal jika dibandingkan dengan produk dari dalam negeri yang kualitasnya dirasa sama.

Dengan mencitai produk dalam negeri, secara tidak langsung, kata Jerry, masyarakat telah ikut membantu perekonomian dari dalam negeri melalui pengembangan usaha UMKM dalam menciptakan hasil produksinya berdasarkan kebutuhan konsumen.

“Karena banyak juga produk-produk Indonesia yang sebenarnya juga sudah mendunia. Konsumen harus cerdas,” katanya di acara talk show di PT. Giant Serang, dalam menyambut peringatan Hari Konsumen Nasional, kerjasama antara PT Hero Group dan Kemendag RI, Sabtu (7/3/2020).

Melalui giat kreasi bersama PT. Giant inspirasi anak teladan kreatif dan cerdas dalam bertransaksi dengan tema belanja aman hati nyaman.

Lanjut Jerry, pada sisi lain, pedagang di Provinsi Banten juga dihimbau untuk tahu alamat produsen dari barang-barang dagangannya, dengan begitu, kata dia, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan akibat barang dagangannya mengalami kecacatan atau mendapatkan komplain dari konsumen, pedagang bisa lebih cepat menghubungi perusahaan penyuplai agar bisa segera mempertanggung jawabkan produknya, dengan diganti yang baru sesuai yang dianjurkan.

“Termasuk pedagang kecil juga wajib tahu dari mana asal usul barang-barang yang dijualnya,” katanya.

Pada sisi lain, pihaknya juga mengaku, sampai saat ini masih banyak produk dari dalam negeri yang belum memenuhi standar dan harapan, sehingga pada saat ditawarkan atau dipasarkan melalui ritail-ritail sekala menegah keatas, hasil kerajinana UMKM dalam negeri kalah bersaing dengan produk lain lantaran belum memenuhi standar mutu.

Atas kondisi itu, pihaknya akan terus berupaya agar para pelaku usaha kecil menengah dari dalam negeri unruk bisa terus meningkatkan produksinya dan memiliki daya saing sesuai harapan konsumen.

“Kita akan terus lakukan pembinaan, kalau labelnya masih belum lengkap akan kita anjurkan lagi agar bisa lebih dilengkapi agar bisa lebih berdaya saing,” katanya.

Senada Kasubdit pada Direktorat Pengawasan produk hasil pertanian, Kimia dan Aneka Kementrian Perdagangan RI, Amirudin Sagala mengaku, tengah gencar mensosialisasikan kepada seluruh produsen di Indonesia agar bisa melampiri label barang-barang dagangannya agar memenuhi standar.

“Mulai dari label SNI, label tanggal luarsa pada makanan atau tegangan atau kekuatan pada peralatan elektronik, misalnya,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada konsumen untuk tidak membeli produk yang tidak mencantumkan garansi produknya, karena hal tersebut merupakan haknya konsumen.

CSR Manager Hero Supermarket Grup (Giant), Arya Kusumo mengatakan, keamanan dan kenyamanan dari konsumen merupamakan tujuan dari PT Hero dan Giant.

Menurutnya, selain fokus mengurusi bisnis perdagangan, pada sisi lain PT Giant atau Hero Group juga memiliki rasa tanggungjawab untuk ikut mengedukasi kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas.

“Seperti hari ini kita berinisiatif dengan mengedukasi bersama pelanggan, karena bagi kami, selain memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, termasuk edukasi juga perlu agar pelanggan lebih tahu mengenai hak-haknya, termasuk bagaina mekanisme pelapirannya apabila ada temuan,” katanya.**Baca juga: Destinasi Wisata di Lebak Diharapkan Makin Dilirik Banyak Investor.

Berbagai kehiatan digelar dalam menyambut HKN 2020 bersama PT Giant, mulai dari lomba menggambar, pesta diskon, talk show dan klinik konsultasi dalam mengedukasi Konsumen Indonesia yang cerdas.(Den)

Berita Terbaru