oleh

Salakanagara, Hikayat Aki Tirem dan Dewawarman di Banten

Tempat ini menjadi jejak keberadaan Salakanagara.(tmn)

Kabar6-Dahulu kala, sebuah kerajaan bernama Salakanagara atau Negara Perak dipercaya pernah berdiri di daerah Teluk Lada, dibawah kaki Gunung Pulosari, di Desa Cihunjuran, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Salakanagara dipercaya telah ada jauh sebelum Kesultanan Banten berdiri tahun 1526 masehi. Dan, Negara Perak itu dipimpin oleh orang asli Banten.

“Di daerah Teluk Lada inilah Dewawarman mendirikan kerajaan pertama di Nusantara yang bernama Salakanagara atau Negara Perak,” kata Tb Saptani Suria, budayawan sekaligus keluarga Kenadziran Kesultanan Banten, Selasa (19/4/2016).

Pria yang akrab disapa Entus ini percaya, bahwa berdasarkan catatan sejarah pada masa awal tahun 100’an masehi, banyak para saudagar, pelaut, dan perantau dari negeri India yang pada zaman dahulu kala bernama Bharata, datang ke negeri Salakanagara.

“Tercatat pada tahun 110 masehi, daerah Teluk Lada Pandeglang, tempat yang sering di singgahi oleh para perantau, karena kesuburan komoditi Lada juga keramahan masyarakatnya,” terangnya.

Dimana, berdasarkan naskah Wangsakerta, pimpinan Salakanagara waktu itu bernama Aki Tirem yang berkuasa hingga tahun 120 masehi.

Di kisahkan, pimpinan perantau dari negeri Bharata yang bernama Dewawarman melakukan pendekatan kultural dengan Aki Tirem untuk memperkuat hubungan silaturahmi dengan masyarakat setempat. **Baca juga: WH Klaim Lebih Paham Kelola Anggaran Ketimbang Rano.

Sebelum tutup usia, Aki Tirem bermaksud menikahkan anaknya yang bernama Dewi Pwahaci Larasati dengan Dewawarman. **Baca juga: Kasus Parkir di Tangerang, Begini Pandangan Asintel Kejati Banten.

“Dari peristiwa pernikahan inilah Dewawarman diam dan tinggal di Banten bersama istrinya, hingga proses penerimaan tongkat kekuasaan yang di berikan Aki Tirem,” tegasnya.(tmn)

Berita Terbaru