oleh

Salah Suntik, 42 Anak di Jerman Diberi Dosis Vaksin COVID-19 untuk Orang Dewasa

Kabar6-Juru bicara pemerintah daerah Hanover, Jerman, mengumumkan bahwa 42 anak-anak berusia 5-11 tahun telah diberikan suntikan vaksin COVID-19 di pusat vaksinasi kebun binatang kota, dengan konsentrasi lebih tinggi, yang sebenarnya ditujukan untuk orang dewasa.

Otoritas kesehatan di Hanover mengklaim seharusnya hal ini tidak meningkatkan risiko efek samping. Melansir rt, kepala spesialis di departemen kesehatan bernama Marlene Graf, mengatakan bahwa peningkatan dosis tidak berbahaya, dan diharapkan tidak ada konsekuensi serius. “Sepengetahuan kami, kemungkinan efek samping harus dibatasi pada reaksi lokal dan demam,” terang Graf.

Dijelaskan Graf, dari sisi medis, pemberian vaksin tidak perlu ditingkatkan jumlahnya kepada anak-anak, tetapi hal ini tidak akan berdampak negatif pada kekebalan mereka terhadap COVID-19.

Graf mengatakan, semua orangtua dari anak-anak yang bersangkutan telah diberitahu langsung oleh pemerintah daerah. Mereka juga diberi saran medis. Presiden regional Steffen Krach menerangkan, kesalahan itu tidak boleh terulang.

“Bahkan jika tidak ada konsekuensi kesehatan yang serius yang diharapkan, hal seperti ini seharusnya tidak terjadi,” ujar Krach. ** Baca juga: Gawat! Stasiun Penelitian Ilmiah Belgia di Antartika Diserang Wabah COVID-9

Menurut media Jerman, anak laki-laki dan perempuan menerima tiga kali dosis vaksin Pfizer/BioNtech yang ditujukan untuk kelompok usia mereka, yakni 30 mikrogram, bukan 10 mikrogram.(ilj/bbs)

Berita Terbaru