oleh

Sakit Kepala di Pagi Hari, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Seringkali di pagi hari saat tengah bersiap-siap menuju tempat beraktivitas, Anda mendadak diserang sakit kepala. Kondisi ini tentu saja akan mengganggu rutinitas yang baru saja akan dimulai. Apa sih yang menyebabkan sakit kepala pada pagi hari? Dilansir Aura, berikut enam penyebab yang mungkin tidak Anda sadari:

1. Kurang tidur
Jika Anda sakit kepala setelah bangun di pagi hari, bisa jadi karena Anda kurang tidur. Tubuh membutuhkan 7-8 jam tidur malam agar bisa berfungsi normal seharian. Solusinya, cobalah lakukan 20-30 menit tidur siang terlebih dahulu.

2. Durasi tidur terlalu banyak
Tidur lebih dari sembilan jam bisa jadi menandakan bahwa kadar serotonin dalam otak Anda rendah. Akibatnya, aliran darah menjadi tidak lancar dan Anda merasakan sakit kepala.

3. Mabuk semalam
Alkohol dapat menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Mengonsumsi alkohol dapat membuat Anda dehidrasi dan menyebabkan volume darah yang mengalir ke otak berkurang. Untuk mengatasi sakit kepala akibat alkohol, konsumsilah vitamin C, air dan minuman berelektrolit.

4. Mendengkur tengah malam
Mendengkur saat tidur malam bisa membuat Anda mengalami sakit kepala di pagi hari. Anda mungkin mengalami sleep apnea, suatu kondisi ketika Anda tersedak, terengah-engah bahkan berhenti bernapas sebentar saat tidur malam hari.

5. Terlambat minum kopi
Kafein sebenarnya dapat merangsang sistem saraf Anda. Jadi jika Anda minum kopi secara teratur dan tiba-tiba tidak minum kopi seperti biasanya, bisa merasakan sakit kepala saat bangun tidur. Solusinya, Anda perlu minum kopi sedikit di pagi hari. ** Baca juga: Rahasia Awet Muda Wanita Jepang Berasal dari Dapur

6. Depresi
Depresi bisa menurunkan kadar serotonin di tubuh sehingga Anda sakit kepala bahkan di pagi hari setelah bangun tidur. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru