oleh

Sadari Tanda Tubuh Kekurangan Kalori

Kabar6-Demi menurunkan berat badan, banyak orang yang menjalankan diet secara sembarangan, antara lain seperti mengurangi karbohidrat, makan lebih sedikit lemak, dan memakan sepotong keju atau cokelat hanya untuk menahan rasa lapar.

Padahal, jika Anda tidak makan cukup kalori, tubuh akan menjadi sangat kelaparan, dan hal ini memberikan konsekuensi yang lebih buruk. Bahkan, Anda bisa mengalami kenaikan berat badan yang lebih.

Lantas, bagaimana mengetahui tanda tubuh kekurangan kalori? Melansir 1health, berikut beberapa gejala tanda Anda tidak cukup asupan kalori:

1. Lelah sepanjang hari
Kalori bukan berarti gemuk. Jumlah kalori yang harus Anda makan setiap hari bergantung pada kondisi fisik tubuh. Bagaimanapun, orang yang bertubuh lebih besar akan membutuhkan lebih banyak energi ketimbang seorang anak untuk terus beraktivitas sepanjang hari.

Selain itu, aktivitas harian dan usia juga mempengaruhi jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang. Itu sebabnya, ketika Anda tidak makan cukup kalori dan cadangan energi tubuh tak cukup, maka tubuh dapat gagal memenuhi kebutuhan energi, yang mengakibatkan Anda mengalami kelelahan sepanjang hari.

2. Berkurangnya nutrisi dalam tubuh
Ketika Anda tidak mendapatkan cukup asupan kalori, tubuh akan mengurangi asupan nutrisi untuk bagian-bagian tubuh yang dianggap kurang penting, seperti rambut dan kulit, dan mengarahkan sisa-sisa nutrisi pada organ vital agar fungsinya tetap berjalan dengan baik. Ini bisa mengakibatkan kulit kita kering dan rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

3. Tidak akan ada perubahan berat badan
Salah satu tanda umum dari kurang makan adalah ketika tubuha tetap pada berat yang sama, bahkan setelah Anda mengurangi asupan kalori dan meningkatkan jumlah latihan yang Anda lakukan setiap hari.

Ini karena tubuh Anda tidak menyukai perubahan yang drastis, sebab dapat mengakibatkan kelaparan bahkan berujung fatal. Kurangnya asupan kalori dapat memperlambat pelepasan hormon tiroid dan hormon seks, juga meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres sehingga dapat memperlambat metabolisme Anda. Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat Anda sama sekali tidak kehilangan berat badan sedikitpun.

4. Sembelit
Ada banyak alasan mengapa kita sembelit. Kurangnya serat dalam makanan yang dikonsumsi, berkurangnya asupan makanan dan stres adalah beberapa alasan yang mendasari. Kurangnya asupan kalori juga bisa mengakibatkan sembelit.

5. Mudah marah & cepat tersinggung
Ketika Anda tidak cukup makan, tubuh tidak dapat memasok otak dengan bahan bakar yang dibutuhkan (glukosa), sehingga mendorong otak Anda untuk meningkatkan produksi adrenalin. Hal yang kemudian terjadi adalah, Anda akan menjadi lebih cepat marah bahkan pada hal-hal kecil, terlebih saat Anda lapar. ** Baca juga: Secara Ilmiah, Orang yang Jatuh Cinta Alami 8 Tahapan

Jadi, jangan biarkan tubuh kekurangan kalori, ya.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru