Saat PMS Wanita Doyan Ngemil & Jadi Pemalas, Apa Penyebabnya?

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menjelang haid, biasanya kaum hawa akan mengalami nyeri perut yang bahkan terasa di seluruh tubuh, perubahan suasana hati yang cepat (moodswings), cepat lelah, dan nafsu makan bertambah.

Munculnya berbagai ‘keinginan’ saat Premenstrual Syndrome (PMS) ini memang biasa terjadi dan dialami sebagian wanita. Melansir Women’s Health, penurunan kadar serotonin menjelang haid dikaitkan dengan keinginan terhadap makanan yang manis dan gurih yang mungkin mengandung sesuatu yang bisa menaikkan serotonin.

Terkadang keinginan tersebut sebaiknya dituruti karena bisa memuaskan. Biasanya sajian yang diinginkan adalah yang mengandung cokelat. Namun sebagai pelengkap, usahakan juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk mengurangi gejala PMS ini.

Selain itu, wanita juga cenderung merasa selalu ingin tidur terus bahkan kalau bisa selama seminggu masa menstruasi tersebut. Hal itu bukan berarti malas, tapi saat tubuh kehilangan darah, tubuh juga akan kehilangan zat besi yang berperan dalam energi. ** Baca juga: Beberapa Makanan yang Sebaiknya Dihindari Agar Kulit Tetap Sehat

Zat besi juga berfungsi membentuk hormon serotonin yang berkaitan dengan mood. Dan sebagai catatan, kadar hormone serotonin ini akan terus menurun selama masa PMS.(ilj/bbs)