oleh

Saat Malam Hari, Ini Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Kabar6-Untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal, olahraga dan diet menjadi cara yang paling sering dianjurkan. Namun tahukah Anda, ternyata ada juga cara mudah yang bisa dilakukan, khususnya saat malam hari, jika ingin berat badan turun. Dikutip dari beberapa sumber, ini dia cara yang dimaksud:

1. Makan malam rendah garam
“Jika tidak ingin alami perut kembung setelah makan malam, lewati makanan tinggi garam. Pilihan terbaik adalah makanan sehat dari sayuran kukus dan protein tanpa lemak, yang jangan ditambahi terlalu banyak garam,” kata Keri Gans, R.D., penulis The Small Change Diet.

2. Olahraga
Menurut survei pada 2013 dari National Sleep Foundation, selain dapat membantu menurunkan berat badan, disebutkan bahwa orang yang melakukan olahraga di malam hari, 56-67 persen tidur lebih nyenyak setelahnya.

3. Minum banyak air
Air akan membersihkan sistem tubuh Anda. Namun, karena Anda tidak ingin bolak-balik ke kamar mandi semalaman, yang akhirnya mengganggu tidur berkualitas yang sangat penting untuk menurunkan berat badan, Keri menyarankan untuk minum air satu jam sebelum tidur.

4. Pastikan kondisi kamar tidur gelap
Hormon melatonin dapat membantu tubuh menghasilkan lebih banyak lemak coklat yang membakar kalori. Untuk menghasilkan hormon tersebut di malam hari, pastikan kamar tidur Anda gelap dan bebas cahaya.

5. Atur suhu kamar
Sebuah penelitian dari National Institute of Health Clinical Center, menemukan bahwa orang yang tidur di kamar dengan suhu sekira 19°C, tubuhnya membakar kalori tujuh persen lebih banyak, yang mendukung penurunan berat badan, dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan suhu 24°C. ** Baca juga: Mengapa Sering Pusing Usai Makan?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru