oleh

Saat Ingin Turunkan Berat Badan, Perhatikan Kapan Anda Harus Makan

Kabar6-Sebuah penelitian menemukan, bukan hanya apa yang Anda makan yang dapat mempengaruhi penurunan atau peningkatan berat badan, tetapi juga kapan Anda makan.

Pada penelitian yang dilakukan di Amerika ini, melansir Womenshealthmag, para peneliti mengamati sekira 400 ekor tikus, yang terdiri dari tikus gemuk dan tikus kurus. Para peneliti memberikan para tikus ini makanan tinggi lemak dan tinggi gula dalam waktu sembilan jam, 12 jam, dan 15 jam.

Dengan kata lain, para tikus ini tidak diberikan makanan apa pun selain daripada waktu makan yang telah ditentukan.

Meskipun semua tikus mengonsumsi kalori dalam jumlah yang sama, para tikus yang makan banyak dalam waktu yang lebih lama mengalami peningkatan berat badan yang lebih banyak dibandingkan dengan tikus lainnya yang memiliki waktu terbatas untuk makan.

Berapa lama Anda tidak makan di sepanjang hari ternyata juga dapat mempengaruhi proses pembakaran dan penyimpanan kalori di dalam tubuh. Hasil penelitian ini bahkan juga menunjukkan bahwa cara diet seperti ini pun dapat membantu mencegah terjadinya diabetes dan peningkatan kadar kolesterol.

Saat para peneliti menemukan hasil ini, mereka pun melakukan penelitian kedua di mana mereka hanya memberikan waktu makan sebanyak sembilan jam pada tikus yang mengalami obesitas.

Hasilnya, tikus-tikus ini mengalami penurunan berat badan hingga lima persen dari berat badannya hanya dalam waktu beberapa hari dan mengalami penurunan berat badan hingga 25 persen dari berat badannya dalam waktu 38 minggu.

Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan pada manusia pada 2007 juga memiliki hasil yang sama, yaitu orang dewasa yang mengkonsumsi makanan dalam waktu yang terbatas mengalami penurunan berat badan dan massa lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan dengan peserta penelitian lainnya yang diberi makanan dengan jumlah kalori yang sama tetapi dibagi menjadi tiga porsi (tiga waktu makan) di sepanjang hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru