oleh

Saat Diet, Ini 6 Zat Gizi yang Mungkin Hilang

Kabar6-Banyak orang ‘memangkas’ asupan makan mereka demi menurunkan berat badan. Bahkan, ada yang tidak makan sama sekali beberapa jenis makanan tertentu. Padahal, kebiasaan tersebut berefek pada kehilangan zat gizi tertentu yang sebetulnya masih dibutuhkan tubuh.

Pada dasarnya Anda tetap membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk menurunkan berat badan. Artinya, Anda harus tetap memenuhi semua kebutuhan gizi tubuh. Zat-zat gizi ini dibutuhkan untuk membantu menahan rasa lapar saat sedang berdiet, mengatur metabolisme hingga membantu menjaga sistem pencernaan Anda.

Nah, apa saja sih sejumlah zat gizi yang dapat hilang saat Anda menjalani diet? Melansir beberapa sumber, ini enam zat gizi yang dimaksud:

1. Vitamin larut lemak & asam lemak
Saat menjalani diet penurunan berat badan, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan sumber lemak. Hanya saja, lemak yang dipilih adalah lemak tak jenuh tunggal seperti yang terdapat pada alpukat, kacang-kacangan atau minyak zaitun.

Selain itu, Anda juga tak boleh kehilangan vitamin yang larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K. Hal ini karena vitamin-vitamin tersebut bersama dengan asam lemak omega 3 akan bekerja bersama-sama meningkatkan penurunan berat badan dan menjaga pembuluh darah agar tetap sehat.

2. Vitamin C
Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi, antioksidan dan membantu fungsi sel. Bila sampai vitamin ini hilang dari diet, maka metabolisme Anda justru dapat terganggu dan lebih sulit menurunkan berat badan, karena vitamin C membantu tubuh dalam metabolisme lemak.

3. Vitamin B6
Vitamin B6 adalah vitamin yang sangat baik dalam membantu mengubah makanan menjadi energi. Vitamin ini juga membantu produksi serotonin dan neurotransmitter yang dapat mengatur suasana hati Anda. Jika kadar serotonin rendah, maka cenderung membuat seseorang menjadi tertekan dan hal ini dapat mengarah pada keinginan lebih banyak makan yang tidak sehat.

4. Kalsium
Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi kalsium dalam jumlah cukup akan membantu menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan. Para peneliti menjelaskan, mineral ini membantu sel-sel memenuhi kemampuan optimal mereka. Artinya, metabolisme Anda akan berjalan dengan lebih baik, dan tubuh dapat mencerna makanan dan menyerap nutrisinya dengan lebih baik.

5. Magnesium
Magnesium juga membantu menurunkan berat badan, dengan cara mencegah kembung dan menjaga pencernaan sesuai jadwal dalam mencerna makanan. Magnesium juga membantu membakar lemak ketika Anda berolahraga. Bahkan semakin banyak magnesium yang Anda miliki, maka akan semakin baik pembakaran yang terjadi.

6. Zinc
Menurut sebuah ulasan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makanan yang mengandung zinc atau seng berarti juga mengandug protein. Zat ini membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengoptimalkan pengeluaran energi yang bermanfaat saat Anda menjalani penurunan berat badan. ** Baca juga: Sehatkah Sarapan Roti Gandum Tiap Hari?

Diet bukan menghilangkan sejumlah nutrisi pada makanan, tapi bagaimana cara Anda mengatur pola makan.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru