oleh

Saat dalam Transportasi Umum, Ada 6 Cara Efektif yang Bantu Cegah Penularan COVID-19

Kabar6-Meskipun saat ini sudah ada ketetapan untuk bekerja atau sekolah dari rumah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, ternyata sebagian orang harus tetap berangkat ke kantor atau tempat usaha.

Bahkan, sejumlah orang harus pulang pergi menggunakan transportasi umum. Lantas, bagaimana agar tetap aman dari COVID-19 atau penyakit menular lainnya? Melansir idntimes, berikut enam langkah preventif yang bisa diterapkan untuk mencegah penularan COVID-19 dalam transportasi umum:

1. Selalu gunakan masker
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam PLoS Pathogen, penggunaan masker bedah dapat mencegah penularan flu dan virus sebanyak tiga kali lipat daripada tidak menggunakan masker sama sekali.

Penelitian yang dipublikasikan dalam U.S National Library of Medicine juga menyebutkan, masker bedah maupun masker kain sama-sama dapat menurunkan kemungkinan penularan mikroorganisme, tetapi masker bedah memiliki tingkat perlindungan lebih tinggi dibanding masker kain.

Namun peneliti yang terlibat mengatakan bahwa bagaimanapun juga, menggunakan masker jenis apa pun jauh lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali.

2. Hindari jam sibuk dan jaga jarak dengan penumpang lain
World Health Organization dan pemerintah Indonesia meminta setiap individu untuk melakukan physical distancing. Anda pun perlu menerapkan ini saat berada dalam transportasi umum. Atur tempat duduk agar tidak berdekatan dengan penumpang yang lainnya.

Agar tidak berdesak-desakan dengan penumpang lainnya, jika memang memungkinkan sebisa mungkin hindarilah naik bus, kereta, atau MRT saat jam sibuk.

3. Jangan memegang handrail secara langsung
Sebisa mungkin, jangan menyentuh handrail saat berada dalam transportasi umum. Apabila terpaksa berdiri dan harus memegang handrail, lapisi tangan Anda dengan menggunakan tisu untuk mencegah perpindahan mikroorganisme yang menempel di permukaan handrail ke tangan. Setelah sampai di tempat tujuan, segera buang tisu ke tong sampah, kemudian cuci tangan dengan sabun dan air.

4. Selalu bawa hand sanitizer
Pastikan selalu membawa hand sanitizer dalam tas. Bersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum naik ke dalam ransportasi umum dan setelah turun.

Kemudian, segera cuci tangan menggunakan sabun dan air begitu sampai tempat tujuan. Sering mencuci tangan dengan sabun merupakan cara efektif untuk mencegah penyebaran virus.

5. Pertimbangkan untuk naik taksi saja
Ketimbang menggunakan bus, kereta, atau MRT, jauh lebih aman apabila Anda menggunakan taksi. Namun pastikan Anda duduk di belakang sopir. Tetap menjaga kebersihan dengan menyemprotkan disinfektan di gagang pintu taksi dan selalu menggunakan masker.

6. Segera ganti dan cuci baju begitu sampai di rumah
Menurut World Health Organization (WHO), SARS-CoV-2 dapat bertahan hidup di permukaan benda dalam waktu beberapa jam hingga beberapa hari. Untuk itu, segera ganti baju dan mandi sesampainya di rumah untuk mencegah penularan COVID-19 di dalam rumah.

Center for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk mencuci baju dengan menggunakan air panas dan menjemur pakaian hingga benar-benar kering serta menggunakan disinfektan untuk mencegah penularan COVID-19. ** Baca juga: Dapatkah COVID-19 Ditularkan Melalui Makanan atau Kemasan Pangan?

Pastikan juga Anda menjaga kebersihan di mana pun berada, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar tidak mudah tertular penyakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru