Home / Aneka Berita / Sehat / Rutin Puasa Sekali Dalam Seminggu Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi/bbs

Rutin Puasa Sekali Dalam Seminggu Baik untuk Kesehatan

Kabar6-Selain dapat mengontrol berat badan, puasa juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan memperkuat kebiasaan makan. Kebiasaan puasa juga membawa perubahan secara fisiologi tubuh yang tidak bisa didapat hanya melalui diet atau olahraga.

Ada banyak manfaat puasa yang rutin dilakukan satu kali dalam seminggu. Melansir Boldsky, ini tujuh manfaat kesehatan yang dimaksud:

1. Detoksifikasi tubuh
Setiap kali berpuasa, tubuh Anda membuang toksin-toksin yang ada dalam tubuh, sehingga lebih sehat. Selain itu, berpuasa dapat memperbaiki proses pencernaan.

2. Memecah lemak
Saat Anda berpuasa, tubuh mendapatkan energi dari glukosa yang sudah ada dalam tubuh. Kemudian tubuh akan membakar lemak juga untuk mencukupi kebutuhan energi. Begitulah cara menurunkan berat badan dengan puasa.

3. Perkuat imunitas tubuh
Salah satu keuntungan berpuasa satu kali dalam seminggu adalah memperkuat sistem imunitas tubuh. Dengan berbuka puasa dengan buah-buahan yang kaya mineral dan vitamin akan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Kontrol gula darah
Berpuasa tubuh akan memecah glukosa didalam darah untuk digunakan sebagai energi. Hasilnya, jumlah insulin yang dihasilkan tubuh juga semakin berkurang. Hal ini akan membantu tubuh menurunkan kadar gula darah.

5. Turunkan tekanan darah
Jika menderita tekanan darah tinggi, puasa akan membantu Anda mengontrolnya. Saat berpuasa, tubuh akan menurunkan produksi hormon seperti adrenalin yang menyebabkan tekanan darah naik.

6. Tenangkan saluran pencernaan
Saat Anda berpuasa, organ-organ yang bertanggung jawab dalam proses pencernaan dapat beristirahat dan bekerja lebih lambat karena hanya bekerja untuk memproses cairan tubuh.

7. Perbaiki pola makan
Dengan berpuasa secara teratur, akan mengontrol kebiasaan makan Anda. Ikuti proses puasa Anda dengan pola makan yang sehat. ** Baca juga: Buah yang Mengandung Gula Alami Sebabkan Anda Bertambah Gemuk?

Manfaat yang menyenangkan, bukan?(ilj/bbs)

Check Also

Yuk, Mulai Kurangi Dengar Musik Lewat Earphone

Kabar6-Demi privasi, banyak orang memaki earphone untuk mendengar musik, sambil beraktivitas. Diketahui, telinga manusia memiliki ...