oleh

Rutin Lakukan Satu Jenis Olahraga Bantu Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Kabar6-Olahraga apa yang sering Anda lakukan tiap hari atau saat akhir pekan? Apakah Anda hanya melakukan satu jenis olahraga, atau justru mencoba beberapa olahraga tiap minggu secara bergantian?

Studi yang dilakukan UT Southwestern Medical Center, melansir Sindonews, mengungkapkan bahwa satu olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan metabolisme selama dua hari.

Dalam studi, para peneliti mempelajari efek olahraga pada otak. Ini secara khusus mempelajari efek dari dua neuron, yaitu neuron POMC, yang terkait dengan nafsu makan berkurang, menurunkan kadar gula darah dan peningkatan pembakaran energi, serta NPY / AgRP yang meningkatkan nafsu makan dan memperlambat metabolisme.

Penelitian dilakukan pada tikus. Aktivitas sirkuit otak mereka diukur, sementara tikus mengikuti berbagai rejimen pelatihan hingga 10 hari dan ditemukan bahwa satu olahraga yang terdiri dari tiga treadmill berjalan 20 menit, dapat meningkatkan aktivitas neuron POMC dan menghambat neuron NPY / AgRP hingga dua hari. ** Baca juga: Kenali Apa Itu Social Jetlag

Hasilnya, bangun dari tempat tidur dan berolahraga, bahkan secara semi intens dapat membantu Anda memetik manfaat selama dua hari. Manfaat lain dari berolahraga adalah Anda merasa tak mudah lapar, paling tidak selama enam jam berikutnya, setelah berolahraga. Ini karena neuron yang diaktifkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru