Rutin Konsumsi Telur Rebus Miliki 7 Manfaat Tak Terduga

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lantaran manfaatnya, sejumlah pakar menyarankan Anda menyediakan telur rebus dalam menu makanan sehari-hari. Selain mengandung kalori yang tepat untuk aktivitas hingga siang hari, manfaat telur rebus juga dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Tidak hanya mengandung protein, dilansir Go Dok, ada banyak manfaat telur rebus lainnya yang dapat Anda rasakan jika rutin dikonsumsi tiap hari. Apa sajakah itu?

1. Tambah kekuatan otot
Telur memang identik dengan protein, terutama bagian putih telur. Protein yang terkandung dalam putih telur mampu membuat otot menjalani fungsinya lebih baik.

2. Pertahankan kesehatan otak
Vitamin, mineral dan kolesterol baik yang terjaga dalam telur rebus bermanfaat bagi perkembangan otak. Organ yang terletak dalam tulang tengkorak ini membutuhkan nutrisi-nutrisi tersebut untuk mempertahankan fungsinya termasuk sistem saraf, memori dan metabolisme yang mengontrol semua sistem organ di dalam tubuh.

3. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Telur rebus mempertahankan sistem kekebalan tubuh melalui vitamin A, vitamin B12 dan selenium yang terkandung di dalamnya.

4. Turunkan risiko penyakit jantung
Berbagai jenis penyakit jantung dipicu oleh tumpukan sejenis asam amino, disebut homocysteine dan mineral bernama choline, yang mampu mengurai tumpukan tersebut sehingga penyakit tersebut bisa dicegah. Choline yang masih terjaga dalam telur rebus bermanfaat bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung dan kardiovaskuler.

5. Sehatkan kehamilan
Kehamilan merupakan masa-masa penting bagi seorang ibu dan kesehatan bayi merupakan prioritas utama. Mengingat sang janin membutuhkan nutrisi untuk tumbuh secara normal, maka sang ibu harus mampu mencukupi kebutuhan tersebut dengan baik.

Manfaat telur rebus bisa jadi pengisi nutrisi yang dibutuhkan calon bayi. Hal ini karena kandungan dalam makanan tersebut mempu memperkecil risiko lahir cacat, khususnya pada otak dan sumsum tulang belakang.

6. Tajamkan penglihatan
Semakin bertambahnya usia, salah satu masalah kesehatan yang paling umum ditemui adalah masalah pada fungsi penglihatan yang disebabkan oleh degenerasi sel-sel yang terjadi dalam bola mata. Nah, risiko ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi telur rebus karena kaya akan vitamin, lutein, dan zeaxanthin.

7. Bantu turunkan berat badan
Banyak khalayak mengira bahwa telur penuh dengan lemak sehingga mereka cenderung menghindarinya untuk mengurangi berat badan. Nyatanya, penelitian membuktikan bahwa protein dalam telur rebus dapat membuat mereka merasa lebih kenyang dan berenergi lebih lama, sehingga otomatis dapat menekan kebiasaan Anda untuk mengemil, dan badan jadi terbentuk lebih ideal. ** Baca juga: Tidak Disarankan, Beli Sayur atau Lauk Matang yang Dibungkus Bahan Plastik

Yuk, masukkan telur rebus dalam menu harian Anda.(ilj/bbs)