oleh

Rute Diperpanjang, Tarif Bus Transjabodetabek Bakal Naik 100 Persen

Kabar6-Seiring dengan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk memperpanjan rute bus Transjabodetabek dari Terminal Poris Plawad hingga Mal Taman Anggrek,
tarif transportasi massal itu juga akan naik hingga 100 persen .

Bila sebelumnya tarif bus Transjabodetabek dari Terminal Poris Plawad hingga Terminal Kali Deres Rp. 3.000, maka kedepan taris tersebut akan mengalami kenaikan drastis menjadi Rp. 6.000.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Fatchul Hadi Kamis (15/11/2012) mengatakan, kenaikan tarif itu disesuaikan dengan rencana perpanjangan rute yang akan dilakukan.

Selain itu, kata Fatchul, pihaknya juga berencana menambah jumlah armada bus Transjabodetabek yang beroperasi. “Saat ini bus Transjabodetabek yang beroperasi hanya 10 unit. Kedepan akan kita tambah antara 5 sampai 10 armada lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Humas Perum PPD Joko Sawarno mengaku bahwa sejak bustransjabodetabek dioperasikan, hingga kini masih belum ada peningkatan jumlah penumpang. Sebagai operator buslane, PPD mengalami kerugian cukup tinggi.

Pasalnya, dalam pengoperasian buslane, PPD tidak hanya sekedar membiayai ongkos isi bensin buslane, tetapi juga membayar gaji sopir, teknisi, cleaning servis, dan operator pendukung buslane.

“Kalau dihitung untung rugi, PPD memang mengalami kerugian besar karena pemasukan dari pengoperasian buslane sangat kecil. Tetapi demi pelayanan bagi masyarakat, kami harus melanjutkan transportasi itu,” kata Joko.

Menurut Joko, minimnya penumpang buslane lebih dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan Pemkot Tangerang, dalam hal ini Dinas Perhubungan, terkait keberadaan dan pengoperasian buslane.

Selain itu, sepinya buslane juga disebabkan tidak matangnya perencanaan pengoperasian buslane, khususnya soal minimnya peran pemerintah dalam upaya merebut hati masyarakat agar mau menggunakan buslane.(rani)

Berita Terbaru