oleh

Rusunawa Situ Gintung Tidak Terawat

Kabar6–Untuk meningkatkan minat masyarakat korban Setu Gintung, kewenangan atas perawatan dan pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Situ Gintung sebaiknya diambil alih oleh Pemerintah Daerah.

Usulan itu disampaikan Lurah Serua Makum Sagita, menyusul belum maksimalnya perawatan dan pengelolaan Rusunawa Situ Gintung hingga saat ini.

“Sungguh sayang, karena sampai saat ini gedung yang dibangun dan diperuntukan bagi warga Korban Situ Gintung itu masih banyak yang kosong atau tidak terisi,” katanya.

Menurut Makum, atas kondisi yang ada saat ini, kiranya jauh lebih bermanfaat bila Rusunawa Situ Gintung tersebut disewakan secara umum ke masyarakat, dengan biaya murah dan terjangkau.

“Upaya itu juga dibarengi dengan pengelolaan dari pemerintah, agar kedepan masyarakat miskin atau masyarakat yang menginginkannya bisa ikut menyewa,” jelasnya.

Dikatakan Makum, sedianya sebuah bangunan bila tidak tidak diisi maka akan gampang lapuk atau rusak. “Saya usul disewakan kepada umum. Sedangkan pengelolaannya diserahkan kepada pemerintah setempat,” ujar Makum.

Selain itu, Makum menambahkan, sesuai dengan kondisi lapangan, saat ini ada rencana pembangunan pasar tradisonal di kawasan tersebut.

sehingga, jika di lingkungan Rusunawa berdiri pasar tradisional (Patra), tidak menutup kemungkinan akan ada peningkatan pendapatan bagi masyarakat.

“Paling tidak masyarakat sekitar Rusunawa mendapatkan manfaat atas pembangunan tersebut. Terlebih, akan ada Patra yang kemungkinan bisa semakin meramaikan lokasi,” ujarnya.(iqmar)

Berita Terbaru