oleh

Rumah Warga di Malingping Rusak Tergerus Longsor, Legislator Sampaikan Penyebabnya ke Pemprov

Kabar6-Sejumlah rumah di Kampung Pasir Geleng, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, rusak akibat tergerus longsor, Kamis (3/12/2020).

“Ada dua rumah warga semi permane yang kondisinya rusak berat karena longsor,” kata Camat Malingping, Cece Saputra saat dihubungi Kabar6.com.

Cece bersama anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi PKS Iip Makmur, meninjau langsung kondisi dan penyebab longsor setelah sebelumnya hujan semalaman mengguyur wilayah Lebak.

“Jadi ini karena tergerus air dari ruas jalan provinsi (Saketi-Malinping). Di Malingping Selatan longsor juga mengancam 7 rumah termasuk musala, dan sementara ini warga yang rumahnya rusak berat mengungsi,” tutur Cece.

Saat dihubungi, Iip memastikan, penyebab longsor akibat air pembuangan dari Jalan Saketi-Malingping akan disampaikan ke Dinas PUPR Provinsi Banten.

“Air dari drainase jalan itu alirannya menyusuri permukiman warga, kondisi air deras membuat tanah tergerus dan menyebabkan longsor. Kebetulan sedang reses, saya sekalian cek dengan Pak Camat, dan saya akan sampaikan ke dinas terkait di provinsi karena jalan itu jadi kewenangan mereka,” terang Iip.

Iip berharap, Dinas PUPR bisa segera menangani kondisi tersebut agar tidak ada masyarakat yang terdampak.

**Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Lebak Diperkirakan Mulai Januari 2021

“Nanti secara teknis kan mereka yang tahu dan paham bagaimana menanganinya. Nanti saya sampaikan dan tentu dikawal agar bisa segera ditangani sehingga warga yang di pinggir aliran air itu tidak terdampak,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru