oleh

Rumah dan TPT Rusak Diterjang Longsor di Pandeglang

Kabar6-Rumah milik Jubaedah (52) warga Kampung Kadu Heulet RT/RW 002/001, Desa Sukamanah, Kecamatan Jiput rusak parah setelah diterjang longsor usai wilayah tersebut diguyur hujan lebat, Selasa (26/11/2019).

Bencana longsor juga tidak hanya terjadi di Jiput. Tembok Penahan Tanah (TPT) Jalan Raya Mujul-Picung ambruk.

Salah seorang warga, Firman mengatakan, rumah yang tertimpa longsor itu milik ibunya. Waktu kejadian ungkap dia, terdegar suara seperti pohon mau roboh, ia bersama ibu, isteri dan anaknya langsung lari keluar rumah.

“Waktu sebelum menimpa rumah ibu saya, saya sedang didalam kamar, terdengar suara seperti pohon tumbang. Kami lari ke luar rumah, ternyata tanah di sekolah longsor menimpa rumah kami,” kata Firman.

Akibat kejadian itu jelasnya, tengah membuat rumah milik ibunya mengalami kerusakan yang cukup parah. Karena tembok rumah sampai jembol, retak-retak dan bahkan atapnya ada yang roboh.

“Kerusakannya parah pak, lihat saja kondisinya. Kami khawatir roboh dan ada longsor susulan, maka dari itu kami kosongkan rumahnya dan memilih ngungsi di rumah sodara,” tambahnya.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Pandeglang, Ade Mulyana membenarkan ada musibah longsor di dua yakni Kecamatan Jiput dan Munjul. Tapi, dalam musibah itu tak memakan korban jiwa.

“Iya, saya juga langsung ke lokasi. Sudah saya pastikan tidak ada korban jiwa dan saya juga langsung menghimbau pemilik rumah agar mengungsi dahulu. Karena khawatir rumah yang tertimpa longsor roboh,” katanya.

Sebetulnya jelas Ade, sebelum longsor terjadi tanah dan TPT di SDN 3 Sukamanah itu sudah retak-retak pada musim kemarau.

**Baca juga: Soal Reuni 212, Ini Kata PD Mathla’ul Anwar dan MUI Pandeglang.

“Mungkin ini puncaknya, saat terguyur hujan TPT-nya tak kuat menahan dan longsor. Ketingiannya itu sekitar 10 meter, makanya rumah warga rusak parah dan kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta,” ujarnya.

Selain di Jiput, di Munjul juga tambah dia, telah terjadi longsor. Tapi longsor yang terjadi tidak menimpa rumah warga karena lokasinya jauh dari pemukiman.

“Kalau di Munjul itu TPT jalan yang longsor, sama ketinggiannya sekitar 10 meter,” tandasnya.(Aep)

Berita Terbaru