oleh

Rumah Bagi Korban Pergerakan Tanah di Cikulur Lebak Segera Dibangun

Kabar6-Sebanyak 56 unit rumah bagi masyarakat korban bencana pergerakan tanah di Kampung Cihuni, Desa Curugpanjang, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, akan dibangun dalam waktu dekat.

“Saat ini sedang tahap penyiapan lahan, luasnya sekitar 12 ribu meter persegi  tapi untuk kebutuhan rumah, jalan dan fasilitas umum lainnya tidak sampai  segitu,” kata Kepala BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama kepada Kabar6.com, Sabtu (16/9/2022).

Febby mengatakan, lahan yang disiapkan untuk relokasi tempat tinggal korban bencana sudah dicek oleh Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

“Sudah, sudah diuji. Laporannya tanah tersebut sudah sangat layak dan dinyatakan aman dari pergerakan tanah,” terang dia.

**Berita Terkait: Alhamdulillah, Dana Tunggu Hunian Korban Pergerakan Tanah Cihuni Sudah Cair ke 46 KK

Rumah yang akan dibangun merupakan rumah instan sederhana sehat (RISHA).  Pembangunannya diusulkan ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Banten.

“Mudah-mudahan pada bulan November-Desember sudah bisa diisi oleh warga,” ujar Febby.

Terkait dengan dana tunggu hunian (DTH) yang selama ini diterima oleh masing-masing keluarga untuk menyewa tempat tinggal sementara sambil menunggu rumah dibangun pemerintah daerah selesai dibangun, Febby mengaku, akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“(DTH) bulan ini habis, insya Allah Senin besok ini harus dikoordinasi dulu apakah akan diperpanjang atau tidak,” katanya.(Nda)