oleh

Ruas Jalan Ampera – Buaran Mendesak Diperlebar

Kabar6-Akses ruas jalan Ampera di Kelurahan Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kian mendesak untuk diperlebar. Hal itu seiring dengan meningkatnya volume kendaraan bermotor yang melintas di jalur tersebut.

Pengamatan dilapangan setiap harinya saat jam sibuk, akses ruas jalan didekat Kodiklat TNI menuju Viktor ini kerap terjadi kemacetan. Hal ini disebabkan lebar jalan tersebut hanya berdiameter 2 meter.

Sementara arus lalu lintas yang menggunakan akses jalan ini padat, tak jarang kendaraan roda empat dari dua arah berlawanan harus terhenti untuk menghindari serempetan.

“Udah biasa seperti ini. Sekitar dua tahunan terakhir,” ujar Makmun, warga sekitar yang ditemui Kabar6.com, Kamis (2/8/2012).

Pria beranak empat ini menyatakan, jalur jalan Ampera sebelumnya merupakan akses lingkungan khusus bagi warga sekitar. Namun, kondisinya saat ini telah berubah dan jalan tersebut telah menjadi jalur alternatif bagi pengendara kendaraan bermotor.

Para pengendara yang melintas dari arah Pamulang menuju kawasan BSD Serpong dan begitu sebaliknya, lanjut Makmun.

Memilih jalan sempit itu sebagai jalur alternatif untuk menghindari perempatan Viktor. Sebab, di jalan itu kemacetan arus lalu lintas semakin parah ditambah lagi kondisi jalan rusak.

“Jadi orang pada milih lewat sini. Mau dilarang sama warga sini ya ga mungkin. Namanya juga jalan umum,” keluhnya. Warga sekitar, terang Makmun, sudah mengajukan permohonan kepada perangkat wilayah setempat untuk mengatasi masalah ini tapi belum ada titik terang.

Hal senada disampaikan Saiful, warga Pamulang II yang mengendarai sepeda motor B 3696 SAH. Dirinya terpaksa harus turun dari tunggangannya untuk membantu mengatur dua unit mobil dari arah yang berlawanan untuk melintas.

“Ini jalan cuma dua meter cukup buat satu mobil doang. Harusnya diperlebar karena kedepannya akan semakin parah,” gerutu pemuda berjaket hitam ini usai mobil sedan dinas milik TNI bisa melintas dari jebakan kemacetan.(yud)

Berita Terbaru