oleh

RSUD Balaraja Segera Luncurkan Akte Lahir Gratis

Direktur RSUD Balaraja, dr. RR. Reniati Herdis, Mkes.(bbs)

Kabar6-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja, Kabupaten Tangerang, dalam waktu dekat bakal meluncurkan program penerbitan Akte Kelahiran gratis bagi pasien yang melakukan persalinan di tempat itu.

Akte Kelahiran itu, langsung diberikan kepada pasien usai melahirkan bayinya di rumah sakit milik daerah berjuluk Kota Seribu Industri ini.

“Kalau tak ada halangan, akhir bulan ini program itu siap diluncurkan,” ungkap Direktur RSUD Balaraja, dr. RR. Reniati Herdis, Mkes, kepada Kabar6.com, Kamis (28/1/2016).

Menurut Reni, pihaknya saat ini tengah merancang sebuah sistim yang akan mengoneksikan jaringan secara online ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), supaya data- data yang di input atau dimasukkan sinkron dan akurat.

Setelah data- data itu diproses, kemudian manajemen RSUD Balaraja, langsung mencetak dan menyerahkan Akte Kelahiran anaknya kepada pasien ditempat itu juga.

“Program penerbitan Akte Kelahiran ini merupakan sebuah terobosan baru disini. Tujuannya, kami ingin memberikan pelayanan cepat, mudah dan efisien kepada masyarakat,” katanya.

Para pasien yang bersalin di RSUD Balaraja, kata Reni, tak perlu repot lagi mengurus identitas diri anak yang dilahirkannya. **Baca juga: 200 Pejabat Pemkab Tangerang Ikuti Bimtek Sinovik.

Mereka, hanya cukup menyiapkan nama untuk sang buah hati, serta menyerahkan identitas diri orangtuanya ke petugas yang ada di rumah sakit tersebut. **Baca juga: Pemkab Tangerang Siap Bersinergi dengan Polda Banten.

“Pasien cukup siapkan nama bayinya saja. Begitu lahir, Akte Kelahiran sudah bisa dibawa pulang hari itu juga,” tuturnya.(shy/din)

Berita Terbaru