RPM Perbanyak Praktek Guna Pendalaman Akting Siswa

kabar6.com
RPM yang beralamat di Komplek Cendana Residence Blok H11/1, Pondok Benda, Pamulang, Tangsel.(fit)

Kabar6–Dalam mengenalkan dunia akting kepada anak atau siswa pemula, Rumah Produksi Managemen (RPM) yang berkantor di Komplek Cendana Residence Blok H11/1, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) (sebelah kantor walikota Tangsel) melakukan beberapa langkah dasar.

Trisno selaku pembimbing RPM, mengatakan, bila pihaknya tidak melulu memberikan teori kepada para siswa. Sebaliknya, pihaknya justru lebih sering melakukan pendalaman dengan praktek akting langsung.

Hal itu agar para siswa lebih cepat dalam penguasaan penjiwaan, emosi dan tidak canggung saat akting di depan kamera.

Setiap weekend, kata Trisno, untuk teori itu hanya beberapa persen. Sisanya, Trisno melakukan praktek akting dengan tema-tema berbeda sesuai dengan pendalaman akting yang dibutuhkan siswa.

Berikut adalah petikan dialog yang diperankan siswa RPM saat latihan akting.

“Kamu bisa menjaga anak tidak sih, apa saja kerja kamu di rumah dari pagi hingga sore begini. Kenapa anak-anak tidak ada di rumah,” celoteh Ceppy sambil emosi.

“Papa jangan seenaknya menuding mama seperti itu. Kan mama capek banget ngurusin rumah dari pagi sampai sore sejak pembantu kita tidak ada. Jadi tidak sempat ngurusin anak-anak,” balas Chantika, siswa Rumah Produksi Manajemen (RPM) dalam latihan aktingnya.

Dalam dialog tersebut, akan melihat akting tiap siswanya, untuk kemudian digali guna mengembangkan karakter. “Kami berikan tema yang berbeda-beda kepada tiap siswa,” ujarnya.**Baca juga: Ingin Jadi Artis, Rumah Produksi Managemen Solusinya.

Sementara, Pembina RPM, Oka Sugawa menjelaskan, pertama-tama yang dilakukan kepada siswa pemula adalah pengenalan diri. Para siswa harus mengetahui terlebih dahulu bakat alaminya. Bila memang berbakat di dunia akting, maka siswa harus percaya dengan bakat tersebut.**Baca juga: RPM Kenalkan Teknik Dasar Akting Kepada Siswa.

“Para siswa pemula harus mengenal dulu bakat alaminya dan itu tidak boleh dipaksakan oleh pihak lain (orangtua). Bila memang berbakat di dunia akting, maka untuk langkah selanjutnya akan lebih mudah dan insya allah akan membuahkan hasil,” kata pemeran utama sinetron Lupus pada 1995 lalu, Rabu (25/4/2018).(fit)