oleh

Robot Bebek Bernama Aigamo Bantu Petani di Jepang Bersihkan Sawah dari Gulma

Kabar6-Seorang insinyur yang bekerja untuk produsen mobil di Jepang telah menciptakan alternatif robot bebek sawah. Aigamo, nama robot bebek sawah tersebut, mampu membersihkan sawah dari gulma.

Diketahui, gulma adalah tumbuhan di sekitar tanaman budidaya yang keberadaannya tidak dikehendaki, dan umumnya merugikan karena dapat menghambat pertumbuhan, mengakibatkan penurunan kuantitas dan kualitas produksi, serta dapat menjadi sarang hama dan penyakit.

Saat ini, melansir theverge, prototipe robot bebek tersebut sedang diuji di Yamagata, wilayah timur laut Jepang. Aigamo disebut sebagai sistem pertanian yang berkembang di Jepang dengan memanfaatkan bebek di sawah.

Aigamo ini memiliki berat 1,5 kilogram, dan memiliki besar seukuran robot penyedot debu besar. Di bagian bawah terdapat dua sikat karet yang berputar untuk menggantikan kaki bebek, juga berfungsi memberikan oksigen dengan mengaduknya dan mencegah gulma berakar.

Prototipe tersebut telah diuji coba beraksi di sawah dalam sebuah video yang diunggah Nissan, berhasil memadukan teknik pertanian lama dan baru. ** Baca juga: Pada 2100 Mendatang, Populasi Dunia Diprediksi Bakal Menurun

Di Jepang, pertanian padi terancam oleh penurunan konsumsi dan populasi yang menua, sehingga temuan teknologi robot bebek sawah ini membantu industri pertanian namun tetap mempertahankan budaya abad ke-21.(ilj/bbs)

Berita Terbaru