oleh

Riset: Orang yang Egois Mudah Cemas dan Depresi

Kabar6-Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Istilah lainnya adalah egois.

Setiap orang tentu memiliki sifat egois sampai batas tertentu. Sebuah penelitian mengungkapkan, orang egois atau yang mementingkan diri sendiri ternyata mudah terkena depresi dan cemas berlebih.

Fakta tersebut, melansir popularworld, dikemukakan oleh periset dari University of Kassel, Jerman, setelah melakukan penelitian pada 103 wanita dan 15 pria. Kebanyakan partisipan mengalami depresi dan kecemasan. Peneliti menanyakan mengenai masa lalu, hubungan, dan cara mereka melihat diri sendiri. Dr Johannes Zimmerman yang langsung memimpin riset ini mengungkapkan, orang yang terlalu banyak menggunakan kata ‘aku’ atau ‘saya’ lebih muda merasa depresi.

Tak hanya itu, bahkan mereka juga lebih sulit melakukan interaksi dengan berhubungan dengan orang lain dalam kelompok. Orang-orang yang terlalu berfokus pada diri mereka seringkali ingin diperhatikan dan tak bisa sendirian.

Sebaliknya, orang yang sering menggunakan kata ‘kita’ diketahui lebih mudah bergaul dengan orang lain. Mereka juga cenderung memiliki hubungan yang sehat dan jaringan pertemanan yang baik. ** Baca juga: Hargai Diri Sendiri Sebelum Lakukan Diet

Hasil lain dari penelitian ini juga mengungkapkan, orang yang terlalu fokus pada diri sendiri dan egois menjadi terlalu banyak menuntut. Bagi orang yang mudah merasa depresi karena terlalu fokus pada dirinya, Zimmerman menyarankan untuk melakukan olahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru