oleh

Rezeki Nomplok, Pemulung di Thailand Temukan ‘Bongkahan Batu’ Senilai Rp9,1 Miliar

Kabar6-Rezeki memang tidak pernah tertukar. Lihat saja nasib mujur yang dialami seorang pria di Thailand bernama Surachit Songzhu. Pria yang dalam keseharian bekerja sebagai pemulung ini, kaya mendadak setelah menemukan bongkahan batu berharga di pantai.

Bagaimana peristiwa ini bisa terjadi? Awalnya, melansir thesun, Surachit berniat mencari sampah dan limbah pantai di Songkhla, Thailand Selatan. Kemudian, ia menemukan barang berharga yang mirip bongkahan batu basa seberat sekira 17 kg. Siapa sangka, bongkahan tersebut ternyata bernilai Rp9,1 miliar. Surachit yakin, benda yang ditemukannya adalah ambergris atau muntahan ikan paus.

Pria itu pun membawa bongkahan tadi ke rumahnya, dan bersama teman-teman melakukan tes sederhana. Surachit mencoba melelehkan batu tersebut menggunakan korek api.

Dan ternyata, bongkahan itu cepat meleleh serta mengeluarkan aroma khas parfum, yang membuktikan bahwa batu tersebut adalah ambergris. Disebutkan, ambergris kualitas terbaik dapat dijual dengan harga termahal sekira Rp266 juta per pon.

“Saya melihat bongkahan itu terdampar di pantai ketika saya sedang memulung. Aku pikir itu tampak seperti muntahan ikan paus, tetapi aku butuh seseorang yang tahu tentang hal itu untuk memeriksanya,” kata Surachit. ** Baca juga: Diklaim Termahal di Dunia, Masker Berlapis Emas dan Berlian Ini Dibanderol Seharga Rp22 Miliar

Kini Surachit sedang menunggu pakar pemerintah untuk memeriksa temuannya. Diketahui, merek parfum terkenal seperti Chanel telah berabad-abad menggunakan ambergris untuk membuat wewangian bertahan dan membantu mereka mengikat kulit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru