oleh

Revitalisasi Situ Parigi Tangsel Diajukan 2013

Kabar6-Revitalisasi situ-situ sebagai daerah resapan air yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dianggap cukup efektif dalam mencegah terjadinya banjir.

Seperti dua situ yang telah rampung diperbaiki, yakni situ Ciledug dan Sasak Tinggi yang ada di kecamatan Pamulang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Retno Prawati, kepada wartawan usai menghadiri Apel Siaga Bencana di Serpong. “Iya. 2013 kita minta situ Parigi diperbaiki,” kata Retno, Rabu (21/11/2012).

Retno menjelaskan, dua lahan konservasi air di Pamulang yang rampung diperbaiki telah menunjukan hasil signifikan.

Situ Cileduk dan Sasak Tinggi telah mampu menampung debit air lebih besar setiap hujan turun. Sebelum kedua diperbaiki, setiap curah hujan meningkat puluhan rumah warga selalu dilanda banjir.

Dua titik wilayah yang menjadi langganan banjir, tambah Retno, saat ini telah bebas banjir. Hal tersebut tentunya membuat pemerintah daerah dan masyarakat sekitar bisa bernafas lega karena tak khawatir perumahan terendam banjir.

“Sekarang di BPI dan Reni Jaya sudah tidak banjir lagi setelah kedua situ tersebut diperbaiki,” tambahnya.

Masih menurut Retno, pihaknya telah mengajukan klausul kepada pemerintah pusat di Kementerian Pekerjaan Umum agar kembali melakukan program revitalisasi situ di Kota Tangsel.

Yakni di situ Parigi, kecamatan Pondok Aren karena daerah resapan tersebut kondisinya sangat memprihatinkan.

“Kita sudah lihat dan kondisinya begitu,” tutup Retno, sambil mengeryitkan dahi atas observasi yang dilakukannya langsung ke situ Parigi. (yud)

Berita Terbaru