oleh

Revitalisasi Lima Situ di Kabupaten Tangerang ‎Dijanjikan Tahun Ini

Protes aktivis lingkungan di Tangsel atas pencaplokan situ.(yud)

Kabar6-Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berjanji segera merevitalisasi lima situ-situ di Kabupaten Tangerang.

Kini mayoritas dari 26 situ sebagai lahan konservasi dan daerah resapan kondisinya memprihatinkan lantaran beralih fungsi.

“Mulai tahun ini (revitalisasi) lima situ di Kabupaten Tangerang,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Tengku Iskandar kepada kabar6.com‎ saat ditemui di Serpong, kemarin.

Ia menjelaskan, proses revitalisasi terhadap lima situ di Kabupaten Tangerang yang sudah rusak parah dilakukan secara bertahap.

Nantinya model pekerjaan revitalisasi yang akan digarap berupa pengerukan sendimen lumpur dan tanah di permukaan situ-situ.

“Kita harapkan tahun 2019 program revitalisasi situ sudah bisa diselesaikan,”‎ jelas Iskandar.

Ditambahkannya, sudah ada pengembang industri ekonomi di Kabupaten Tangerang melakukan koordinasi dengan KemenPU dan PR. Pengembang berjanji akan mengembalikan fungsi lahan situ sebagai daerah resapan air. **Baca juga: BBWSCC Dorong Bikin Skenario Regulasi Penanganan Situ.

Ketika ditanya ihwal sebaran lima‎ lokasi situ-situ yang dimaksud, Iskandar mengaku lupa. Ia juga mendorong kepada pemerintah daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota bisa segera membuat skenario regulasi penanganan situ-situ. **Baca juga: Pengembang Janji Revitalisasi Lima Situ di Kabupaten Tangerang

“Ada sekitar lima persil dan sertifikat tanah dilaporkan ke pemerintah pusat. Dan ini dalam proses administrasi sedang dilakukan,”‎ tambahnya.(yud)

Berita Terbaru